Cara Atasi Ngantuk di Pagi Hari, Agar Aktivitas Harian Tak Terganggu

Cara Atasi Ngantuk di Pagi Hari, Agar Aktivitas Harian Tak Terganggu

Ilustrasi mengantuk ganggu produktivitas kerja.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Produktivitas sepanjang hari bisa terjadi jika rasa kantuk menyerang di pagi hari. Untuk itu, rasa ngantuk di pagi hari harus segera diatasi, agar tidak menganggu ritme kerja harian kita. 

Tak masalah jika rasa mengantuk di pagi hari ini sesekali muncul. Tapi kalau muncul tiap hari, atau sering muncul tentu akan sangat menganggu.

Baca juga:9 Penyebab Mengantuk di Pagi Hari, Bukan Sekedar Kurang Tidur

Yuk coba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi rasa ngantuk di pagi hari, agar hari ini bisa diawali dengan kondisi yang prima. 

1. Minum air putih saat bangun tidur

Cobalah minum satu hingga dua gelas air putih saat bangun tidur untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur. Sehingga, badan akan lebih segar sekaligus terhindar dari risiko dehidrasi.

2. Rutin sarapan

Masih banyak yang menyepelekan sarapan. Karena kebutuhan energi dan nutrisi tubuh bisa tercukupi dengan sarapan. Biasakan diri untuk rutin sarapan agar sehat.

3. Lakukan olahraga secara teratur

Tidak pernah olahraga bisa menjadi salah satu penyebab ngantuk di pagi hari. Usahakan untuk berolahraga secara rutin tiap harinya selama 30 menit, atau minimal tiga kali olahraga dalam seminggunya. 

4. Konsumsi makanan bergizi tinggi

Tanda tubuh sedang lelah atau kekurangan energi salah satunya adalah mengantuk. Maka hilangkan ngantuk di pagi hari dapat dilakukan dengan makan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan aneka vitamin serta mineral.

5. Kurangi konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak justru akan membuat tubuh lebih cepat lelah dan mudah mengantuk. Untuk itu, agar tak ada keluhan sering mengantuk di pagi hari mulai sekarang batasi konsumsi kafein. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: