Kota Pekalongan Targetkan 10 Besar Porprov 2023

Kota Pekalongan Targetkan 10 Besar Porprov 2023

SIAP BERTANDING - Kontingen Porprov Kota Pekalongan resmi dilepas Wali Kota, Selasa (1/8/2023).-Ainul Atho-

KOTA - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid melepas 147 atlet peserta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI/Tahun 2023 di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Selasa (1/8/2023). 

Ratusan atlet Pekalongan itu akan bertanding pada 27 cabang olahraga (Cabor) Porprov Jateng yang diselenggarakan di Pati Raya, pada 1-11 Agustus 2023.

Usai melepas kontingen Kota Pekalongan, Wali Kota Pekalongan itu memberikan sejumlah motivasi dan pengarahan kepada para atlet yang akan berlaga pada Porprov Jateng Tahun 2023. Para atlet, pelatih dan official diharapkan fokus berjuang meraih hasil yang maksimal dan terbaik untuk Kota Pekalongan.

"Para atlet sudah harus siap di medan laga. Ini sudah menghitung hari, kloter pertama dilepas hari ini, Selasa, 1 Agustus dan kloter 2 akan dilepas dan diberangkatkan pada tanggal 5 Agustus 2023. Pemkot Pekalongan ini bebannya banyak sekali, disamping permasalahan banjir dan rob, infrastruktur dan sebagainya, olahraga ini sebetulnya salah satu sektor yang bisa mengharumkan nama baik kota. Dimana, duta-duta olahraga ini tidak kalah penting dengan sektor-sektor yang lain," ucapnya.

Aaf, sapaan Wali Kota mengapresiasi kepada jajaran KONI, pelatih, official dan atlet, meski di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, tetapi mereka semua tetap bersemangat dan bertekad mengukir prestasi olahraga di Kota Pekalongan. Hal ini harus dibarengi pula dengan komitmen dalam memberikan hasil yang terbaik.

Pihaknya berharap, kontingen Kota Pekalongan tahun ini harus bisa meraih kemenangan di semua cabang olahraga (cabor) dalam Porprov Jateng. Jika tahun lalu peringkatnya 21, tahun ini didorong bisa masuk peringkat 10 besar. Bahkan, pihaknya memastikan akan memberikan bonus khusus bagi para atlet yang mendapatkan medali.

"Kalau bisa target medali dari semua cabor yang diperlombakan. Kami optimis, tahun ini prestasi olahraga Kota Pekalongan bisa masuk minimal 15 besar, terlebih bisa masuk 10 besar. Buktikan bahwa Kota Pekalongan bisa bersaing dan disegani oleh kabupaten/kota lain. Yang paling utama, tunjukkan attitude  yang baik dan jaga nama baik Kota Pekalongan dengan berjuang secara totalitas dan sportif," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Pekalongan, Edywan menuturkan pelepasan para kontingen Kota Pekalongan yang berlaga pada Porprov Jawa Tengah Tahun 2023 dilakukan 2 kloter, dimana kloter pertama ada 8 cabor yang jadwal pertandingannya diajukan, sehingga harus diberangkatkan terlebih dahulu sebelum pembukaan  Porprov tanggal 5 Agustus 2023.

Delapan cabor itu diantaranya tenis meja, soft tenis, kempo, billiard, angkat besi, aeromodelling. Sisanya, cabor-cabor lain untuk kloter 2 dilepas pada tanggal 5 Agustus. Edywan menyebutkan, total atlet Kota Pekalongan yang dikirimkan pada Porprov Jawa Tengah Tahun 2023 ada 147 orang yang tergabung dalam 27 cabor.

"Kami menargetkan bisa naik peringkat, dari 21 besar menjadi 15 besar atau InshaAllah kalau dimungkinkan bisa meraih peringkat 10 besar dengan target perolehan medali emas 15 sampai 20 buah," beber Edywan.

Edywan memaparkan, untuk pelaksanaan pertandingan cabor tenis meja dan soft tenis dilaksanakan mulai tanggal 2 Agustus di Kudus, muay thai di Rembang tanggal 2 Agustus, cabor angkat besi di Jepara tanggal 4 Agustus. "Sedangkan cabor balap sepeda dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus dan billiard tanggal 5 Agustus 2023 di Semarang," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: