Selain Menurunkan Demam, Berikut 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

Selain Menurunkan Demam, Berikut 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

ilustrasi manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Ada berbagai manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa menurunkan demam karena kandungan mineral dan elektrolitnya, antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya juga punya banyak khasiat lain.

Air kelapa juga mengandung gula dalam jumlah sedikit, karbohidrat, juga protein dan lemak. Dalam 100 gram Air kelapa, setidaknya ada kandungan gizi berikut ini:

  • Energi: 17 Kalori (Kal)
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak : 0.1 g
  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 8 mg
  • Besi: 0.2 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Kalium: 149 mg
  • Antioksidan 

Jika dilihat dari daftar tersebut, kandungan kalium air kelapa sangat tinggi. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan 4 buah pisang. Oleh karenanya, simak beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh berikut yang sayang dilewatkan.

1. Menggantikan Cairan Tubuh yang Hilang

Kamu bisa mendapatkan minuman isotonik alami dari air kelapa, lho. Minuman ini cocok diminum setelah olahraga karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kandungan elektrolitnya akan membantu mengembalikan hidrasi tubuh.

BACA JUGA:

Tapi tentunya manfaat ini akan didaptkan setelah mengonsumsi banyak air kelapa. Dibandingkan dengan minuman setelah olahraga lainnya, minum air kelapa memiliki risiko rasa mual, kenyang, dan sakit perut yang lebih sedikit.

2. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Sudah tau belum kalau minum air kelapa bisa untuk menjaga kesehatan jantung? Yap, air alami ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh tersebut didapatkan berkat kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa. Natrium akan menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Minum air kelapa bisa mengobati berbagai masalah pencernaan, misalnya diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Saat diare, air kelapa akan menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal sehingga tidak terjadi dehidrasi.

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan? Tidak Melulu Soal Jerawat, Ini 8 Khasiat Lainnya

Osmolaritas atau pengukuran zat larut air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: