Bikin Perut Nyaman, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung, Bagaimana Caranya? Simak Penjelasannya di Sini

Bikin Perut Nyaman, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung, Bagaimana Caranya? Simak Penjelasannya di Sini

ilustrasi manfaat air kelapa untuk asam lambung-tangkapan layar-pexels.com

RADARPEKALONGAN – Selama ini hanya memanfaatkan air kelapa sebagai pelepas dahaga di saat cuaca terik. Tapi siapa sangka kalau ada manfaat air kelapa untuk asam lambung? Yap, dengan minum air yang berasal dari dalam buahnya ini perutmu bisa kembali nyaman.

Sejak dulu kita sudah terbiasa mengonsumsi air kelapa saat merasa tubuh tidak nyaman, hal ini terkait  kepercayaan bahwa air kelapa bisa dijadikan sebagai minuman untuk menetralisir racun. Atau bahkan kita meminumnya hanya sekedar mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Nah, sekarang kamu harus tau kalau ada juga manfaat air kelapa untuk asam lambung yang bisa kamu jadikan alternatif mulai saat ini. Memangnya bagaimana bisa? Simak artikel berikut sampai akhir ya.

Apa Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung?

Sakit yang satu ini kerap dialami banyak orang. Asam lambung bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yang cukup umum terjadi dan bisa menyerang berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai usia lanjut. 

Asam lambung bisa terjadi saat kadar asam yang diproduksi di dalam lambung terlalu banyak sampai menyebabkan iritasi pada dinding lambung. Tidak cuma itu saja, berikutnya asam tersebut juga bisa naik ke kerongkongan sehingga penderitanya akan mengalami gejala nyeri sampai rasa seperti heartburn atau ulu hati yang terbakar.

BACA JUGA:

Tidak perlu dibayangkan bagaimana rasanya, keadaan ini tentu sangat tidak nyaman. Saat asam lambung kambuh, penderitanya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan asam karena bisa membuat gejalanya semakin parah.

Untuk meredakan gejalanya, maka disarankan konsumsi makanan basa atau dengan kandungan pH netral untuk menetralkan pH tubuh. Nah, salah satunya adalah air kelapa. Mengapa demikian?

Air kelapa termasuk salah satu jenis minuman untuk menetralkan pH tubuh karena termasuk dalam cairan alkali yang bisa menurunkan pH asam di lambung sekaligus menjaga pH tubuh agar tidak terlalu asam. Minuman ini juga menjadi sumber alami elektrolit yang baik, seperti potasium.

Berkat kandungannya itulah kita bisa mendapatkan manfaat air kelapa untuk asam lambung. Selain itu, kandungan kalium di dalam air kelapa juga memiliki efek yang sama, yaitu bisa meredakan keluhan asam lambung.

Manfaat air kelapa untuk asam lambung ini juga terkait dengan kemampuannya yang bisa membantu tubuh memproduksi lendir dalam perut sehingga bisa melindunginya dari iritasi serta mengurangi terbentuknya asam berlebih.

Cara Mendapatkan Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung

Ada aturan minum yang harus diikuti agar kamu bisa menjadikan air kelapa sebagai minuman untuk meredakan asam lambung. Konsumsinya sebagai obat tentu tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus dibatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: