Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan, Hindun Jabarkan Filosofinya

Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan, Hindun Jabarkan Filosofinya

DPRD Kabupaten Pekalongan gelar Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - DPRD Kabupaten Pekalongan gelar Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan di Ruang Rapar Paripurna DPRD setempat, Jumat, 25 Agustus 2023. Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun menjabarkan filosofi dari peringatan hari jadi tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak, baik Bupati, Wakil Bupati, pimpinan maupun anggota dewan, aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama dan cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pekalongan yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif. Karena dalam suasana yang aman, tentram, damai dan demokratis inilah tahapan pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Memperingati Hari Jadi Kabupaten Pekalongan yang ke-401 ini, adalah salah satu cara kita mensyukuri nikmat kesempatan yang masih diberikan kepada kita untuk mengabdi bagi masyarakat dan daerah kita tercinta," ungkap Hindun.

Dikatakan, 401 tahun adalah rentang panjang perjalanan karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Memperingati hari jadi secara filosofis, lanjut dia, bermakna retrosfektif, yaitu dengan sebuah peringatan hari jadi berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah, dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan. 

Baca juga:Pimpin Apel Peringatan Hari Jadi, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Sampaikan Capaian Prestasi

Selanjutnya, kata dia, bermakna introsfektif. Artinya, peringatan hari jadi dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri. Dengan demikian, setiap fase perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.

"Makna selanjutnya adalah prospektif, artinya melalui perayaan hari jadi kita berupaya medesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu," tandas dia.

Oleh karena itu, melalui peringatan hari jadi ini, Hindun berharap bisa digunakan sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang diraih saat ini adalah berkat kerja keras para pendahulu. 

"Tugas kita hanyalah melanjutkan pembangunan yang telah mereka rintis dan perjuangkan, sehingga Kabupaten Pekalongan menjadi daerah yang sangat istimewa seperti saat ini. Maka sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada para pendahulu kita, kita harus bertekad untuk tetap bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah kita tercinta," tandasnya.

Baca lagi:Puncak Perayaan Hari Jadi ke-401 Kabupaten Pekalongan Meriah dengan Pesta Kembang Api

Sejalan dengan tema Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-401 yaitu 'Kokohkan Sinergi Wujudkan Kota Santri'. Maka melalui komunikasi yang harmonis serta kerja sama segenap komponen masyarakat yang didasari semangat persatuan dan toleransi akan tercipta iklim pertumbuhan Kabupaten Pekalongan yang positif untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Merangkai gagasan, menterjemahkannya menjadi kinerja, membangun irama kebersamaan, melakukan adaptasi dan revitalisasi birokrasi serta meramu strategi sesuai dengan visi Kabupaten Pekalongan yaitu 'terwujudnya masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sejahtera adil merata (setara) dan berbudaya gotong-royong'.

"Tidak ada perbedaan antara daerah atas, tengah, dan daerah bawah," tandasnya.

 Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, DPRD selalu mendorong pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sebagai penyelenggara pemerintahan. Sinergitas pemda dengan DPRD diwujudkan dengan mendorong pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai roadmap yang tertuang di dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pekalongan tahun 2021-2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: