Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar, Bukan Bubur Ayam

Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar, Bukan Bubur Ayam

dr Zaidul Akbar-Tangkapan layar kanal Youtube dr Zaidul Akbar official-

RADARPEKALONGAN - Sarapan sehat ala dr Zaidul Akbar justru bukan bubur ayam dengan gorengan, namun cukup buah-buahan, tempe, atau bahkan cukup minum air putih saja. 

Dokter sekaligus pendakwah ini berbagi menu sarapan sehat di pagi hari. Tak perlu mahal, namun dijamin menyehatkan dan tepat manfaatnya.

Dokter Zaidul Akbar menyarankan sarapan itu layaknya buka puasa. Menurutnya, Rasulullah mengajarkan pagi-pagi makan buah. Al Quran pun mengatakan serupa.

Menurutnya, sarapan pagi dengan buah. Sebab, di pagi hari tubuh berada dalam fase pengeluaran. Untuk itu, makan buah adalah yang paling tepat. 

Baca juga:5 Manfaat Sarapan Bagi Tubuh, Tak Sekedar untuk Sumber Energi

“Bukan makan bubur ayam," tukasnya. 

Di pagi hari, kata dia, minum air putih saja sebenarnya sudah cukup. "Anda makan sedikit buah-buahan atau makan kurma, sudah cukup,” ujarnya.

Makan buah sebelum makan makanan lain karena di buah ada enzim. Makan buah di pagi hari juga tidak akan membuat ngantuk. Berbeda dengan makan berat seperti nasi bisa bikin mengantuk jika kekenyangan.

Untuk sarapan pagi, katanya, buah segar bisa dimakan langsung. Bisa juga dibuat rujak, namun jangan pedas.

Rasulullah tidak pernah makan berat di pagi hari. Alasannya, kata dr Zaidul Akbar, pagi hari bukan waktu terbaik untuk makan. Pasalnya, ghrelin atau hormon lapar itu paling rendah di pagi hari. 

Baca lagi:Badan Greges, Pilek, dan Batuk, Ini Resep Andalan dr Zaidul Akbar untuk Mengobatinya

“Orang kalau makan pagi hari banyak sama kayak siang pasti ngantuk,” katanya.

Selain buah, dr Zaidul Akbar juga menyarankan menu lain untuk sarapan. Diantaranya kacang-kacangan, kismis, air madu, atau paduan kopi, madu, dan cokelat. Ada juga tempe yang disebutnya sebagai makanan paling sehat di dunia karena tinggi probiotik.

Ia menyarankan makan tempe, namun jangan digoreng. Tempe bisa dikonsumsi secara mentah, justru lebih sehat. Pilihan lain adalah mengolah tempe jadi sandwich dengan isian kurma lalu dicelup ke madu atau tepung nongluten dan dipanggang. “Itu the best, enak banget,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: