Kurangi Masalah Sampah, DLH Ajak Masyarakat Buat 4in1 di Lingkungan Sekitarnya

Kurangi Masalah Sampah, DLH Ajak Masyarakat Buat 4in1 di Lingkungan Sekitarnya

INOVASI - Model 4in1 inovasi DLH yang bisa diterapkan oleh masyarakat.-Ainul Atho-

KOTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengajak masyarakat khususnya di tingkat keluarga memulai mengurangi sampah melalui salah satu model inovasinya yakni 4in1 (Four In One). Selain dapat mengurangi sampah, 4in1 ini juga banyak memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sekretaris DLH Kota Pekalongan, Puji Winarti mengatakan bahwa model 4in1 ini bisa dengan mudah diimplementasikan oleh masyarakat umum dan relatif tidak membutuhkan banyak biaya. Karena bisa memanfaatkan sampah anorganik seperti botol plastik bekas.

“Konsep 4in1 tingkat keluarga tidak harus pate atau saklek dengan percontohan yang kami buat. Di ttingkat keluarga bisa dimodifikasi dengan menggunakan barang atau sampah bekas,” tuturnya.

Pada intinya model 4in1 ini berupa 4 susunan kerangka sirkulasi pengelolaan sampah yang kompleks. Di mana susunan pertama (bagian bawah) untuk budidaya ikan lele, susunan kedua untuk penguraian sampah organik oleh budidaya maggot, susunan ketiga untuk budidaya ayam, dan susunan keempat (bagian atas) untuk budidaya hidroponik seperti tanaman caisim, pakcoy, kangkung, cabai, dan sebagainya. Model ini saling berhubungan sehingga efektif untuk menyelesaikan sampah organik.

Dikatakan Puji, jika model 4in1 bisa dimiliki setiap keluarga, maka pihaknya optimis tahun 2025 sesuai target Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan di Indonesia ini bisa bebas sampah utamanya di Kota Pekalongan. (nul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: