Bulog Mulai Salurkan Bantuan Beras Tahap II untuk 26.240 KPM di Kota Pekalongan

Bulog Mulai Salurkan Bantuan Beras Tahap II untuk 26.240 KPM di Kota Pekalongan

PENYALURAN - Wakil Pimpinan Cabang Bulog Pekalongan Wahyu Tri Hutomo, didampingi Kepala Dinperpa Kota Pekalongan Mu'adi dan Kepala Gudang Bulog Bondansari Yudha Oktori Setiadi, saat launching penyaluran Bantuan Pangan Beras Cadangan Pemerintah untuk Kota-Wahyu Hidayat-

PEKALONGAN - Pemerintah melalui Perum Bulog Cabang Pekalongan mulai salurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II periode September–November Tahun 2023 untuk warga Kota Pekalongan, Selasa (12/9/2023).

Dimulainya penyaluran bantuan ini ditandai dengan pelepasan truk pembawa Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah dari Gudang Bulog Bondansari oleh Wakil Pimpinan Cabang Bulog Pekalongan Wahyu Tri Hutomo, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan Mu'adi dan Kepala Gudang Bulog Bondansari Yudha Oktori Setiadi.

Wakil Pimpinan Cabang Bulog Pekalongan Wahyu Tri Hutomo mengatakan bahwa alokasi Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah untuk Kota Pekalongan tiap bulannya adalah untuk 26.240 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Masing-masing KPM atau PBP (Penerima Bantuan Pangan) akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kilogram tiap bulannya, dan akan disalurkan sebulan sekali pada bulan September, Oktober, dan November 2023.

"Untuk Kota Pekalongan, alokasinya tiap satu bulannya sebanyak 26.240 KPM, masing-masing mendapatkan 10 Kg. Jadi, tiap bulan kita salurkan sekitar 260 ton beras kualitas medium untuk Kota Pekalongan," katanya.

BACA JUGA:Bulog Salurkan Bantuan Pangan Beras untuk 78.799 Warga Kurang Mampu di Kabupaten Batang

Hari pertama penyaluran, Selasa (12/9/2023), rencananya didistribusikan untuk warga di Kecamatan Pekalongan Utara. Alokasinya mencapai sekitar 80 ton. Dilanjutkan tiga hari berikutnya untuk tiga kecamatan lainnya di Kota Pekalongan.

Mengenai ketahanan pangan, Wahyu mengungkapkan kalau Bulog Cabang Pekalongan masih memiliki stok beras mencapai 28 ribu ton. Sedangkan kebutuhan untuk penyaluran cadangan pangan Pemerintah di Cabang Pekalongan sekitar 21 ribu ton.

"Sehingga, kita masih surplus sekitar 6 sampai 7 ribu ton, sampai akhir tahun ini. Jadi, untuk ketahanan pangan kita masih sangat kuat dan aman," imbuh Wahyu Tri Hutomo.

*) Penyaluran di Tiap Kelurahan

Di tempat yang sama, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan Mu'adi menambahkan bahwa penyaluran bantuan pangan cadangan beras Pemerintah kali ini adalah untuk tahap 2 tahun 2023, yakni untuk bulan September, Oktober, dan November. "Untuk tahap 2 ini kita afa 26.240 KPM," kata Mu'adi.

Mu'adi menyebutkan, teknis penyaluran bantuan pangan ini akan dilakukan lewat masing-masing kelurahan di empat kecamatan di Kota Pekalongan.

Adapun alokasinya, untuk Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 8.072 KPM, Kecamatan Pekalongan Barat 7.659 KPM, Kecamatan Pekalongan Timur 5.926 KPM, dan Kecamatan Pekalongan Selatan 4.583 KPM.

BACA JUGA:Bantuan Pangan, 82 Ribu KPM di Batang Bakal Terima 30 Kg Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: