Anti Gagal, Inilah 7 Cara Merawat Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

Anti Gagal, Inilah 7 Cara Merawat Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

Anti Gagal, Inilah 7 Cara Merawat Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit--Freepik

Penting untuk selalu mengecek dan mengontrol kondisi dan ketersediaan larutan nutrisi karena praktis hanya dari sinilah tanaman mendapatkan asupan nutrisinya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kondisi larutan nutrisi adalah sebagai berikut:

  • Rutin mengecek ketersediaan larutan nutrisi setiap hari dan periksa apakah ada saluran pada larutan nutrisi yang macet atau tersumbat.
  • Ganti larutan nutrisi dengan yang baru setiap 3 hari sekali.
  • Berikan larutan nutrisi sesuai dengan dosis yang dianjurkan secara bertahap.
  • Campur larutan nutrisi menggunakan air yang bersih.
  • Pastikan nutrisi yang akan digunakan sedang tidak dalam masa kadaluarsa.

Baca Juga: Dijamin Anti Layu, Inilah 5 Cara Merawat Anggrek Setelah Berbunga Agar Tahan Lama

3. Bersihkan Bak Penampungan Air dan Wadah Larutan Nutrisi 

Cara merawat tanaman hidroponik yang berikutnya yaitu dengan membersihkan bak penampungan air dan wadah larutan nutrisi secara rutin.

Kalian dianjurkan untuk membersihkan bak penampungan air dan wadah larutan nutrisi setiap 1 sampai 2 minggu sekali agar kedua tempat tersebut tidak ditumbuhi oleh lumut.

Penting bagi kalian untuk membersihkan kedua tempat tersebut terlebih dahulu, jangan menunggu sampai lumut telah tumbuh karena dapat berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman.

4. Menjaga Sanitasi Lingkungan

Sanitasi lingkungan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman menggunakan metode hidroponik. Hal ini dikarenakan lingkungan yang bersih akan  mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara optimal.

Usahakan untuk selalu menjaga sanitasi lingkungan seperti membersihkan rumpu-rumput liar yang ada disekitar tempat tanam dan selalu mengecek intensitas cahaya yang masuk, jangan sampai cahaya matahari terhalang dan membuat lingkungan di sekitar area tanam menjadi lembab.

Baca Juga: Tidak Sesulit yang Dikira, Inilah 9 Cara Merawat Anggrek agar Tumbuh Subur dan Berbunga yang Wajib Diketahui

5. Cek Kondisi Tanaman 

Cara merawat tanaman hidroponik yang paling penting adalah dengan mengecek kondisi tanaman secara berkala. Dengan melakukan pengecekan secara intensif, kalian dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada tanaman.

6. Cek Kondisi Wadah Media Tanam

Kondisi wadah media tanam juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Jika memang kondisi wadah media tanam sudah tidak layak, kalian harus segera menggantinya dengan wadah media tanam yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: