Simak Baik-baik! Kekurangan Vitamin B12 Bikin Kesehatan Jantung Memburuk, Kamu Harus Tahu ini

Simak Baik-baik! Kekurangan Vitamin B12 Bikin Kesehatan Jantung Memburuk, Kamu Harus Tahu ini

Kekurangan Vitamin B12--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Kesehatan jantung bergantung dengan kebutuhan asupan vitamin B12. Bagaimana jadinya kalau tubuh kekurangan vitamin B12? Daripada bingung, yuk simak artikel ini. 

Untuk mencegah penyakit kronis, penting sekali tahu betapa pentingnya vitamin B12 ini bagi kesehatan organ dalam tubuh. Jangan sampai kamu mengalami penyakit yang disebebkan kurangnya asupan Vitamin B12. 

Oleh karena itu penuhi berbagai macam makanan yang mengandung vitamin B12. Diantara makanan yang kandungan vitamin B12 tinggi adalah ikan, susu, sayuran, dan buah-buahan. 

Kekurangan vitamin B12 ini bisa dikenali dari ciri-ciri fisik. Salah satu gejala defisiensi vitamin B12 antara lain mudah letih, kulit pucat, gangguan keseimbangan sampai penyumbatan peredaran pembuluh darah menuju jantung.

BACA JUGA:Fakta Menarik Vitamin B6 untuk Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ampuh Atasi Rasa Cemas

BACA JUGA:Manfaat Konsumsi Suplemen Vitamin B12 yang Baik untuk Tubuh, Bisa Tingkatkan Kerja Jantung

Pasti kamu tidak mau kan mengalami berbagai macam gejala tersebut? Maka dari itu simak baik-baik gejala defisiensi vitamin B12 biar kamu tahu. 

1. Anemia 

Salah satu gejala kalau kamu sedang kekurangan vitamin B12 adalah mengalami anemia. Penyakit anemia ini disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B12. 

Sel darah merah yang berada di bawah ambang batas akan menyebabkan orang anemia. Melansir dari National Organization of Rare Disease, asupan vitamin B12 yang kurang menyebabkan produksi sel darah merah sehat rendah. 

Semakin menurunnya sel darah merah akhirnya muncul gejala anemia. Gejala Anemia dapat dikenali melalui wajah pucat, sakit kepala, lemas dan letih. 

2. Mudah Depresi 

Ternyata defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan kamu mudah depresi. Kalau kamu kebetulan termasuk mudah depresi bisa jadi bukan karena sedang kesakitan mental. Tapi bisa saja sedang kekurangan vitamin B12 ini. 

Kandungan zat kimia vitamin B12 ini dapat mempengaruhi suasana hati. Melansir dari Klini Farmalogi dan fundamental mengatakan kalau kekurangan vitamin B12 ini bisa jadi penyebab sakit mental depresi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc