5 Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling: Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

5 Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling: Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling--Freepik.com

Jangan bingung untuk memulai jurnaling, bisa dimulai dari pertanyaan simple seperti tentang apa yang Anda rasakan hari ini, kegiatan apa saja yang sudah dilalui. Anda juga bisa menulis refleksi dari pencapaian dan kegagalan hari ini.

Kemudian, coba masuk menggunakan pertanyaan pemikiran mendalam sebagai bentuk evaluasi dan introspeksi. Seperti adalah, "Apa yang bisa saya pelajari dari pengalaman hari ini?" atau "Apa nilai yang paling penting dalam hidup saya?"

5. Tetapkan Tujuan yang Spesifik

Setelah menjawab pertanyaan tentang diri sendiri. Simpulkan dengan membuat pengelompokan tentang tujuan hidup. Bisa tentang apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dikurangi, apa hal yang ingin di capai, dan apa hal yang perlu ditinggalkan. 

Termasuk di dalamnya kesimpulan dengan mendapat kesadaran tentang hal-hal yang bisa disyukuri, serta mengapresiasi diri atas semua usaha yang sudah dilalui.

BACA JUGA: 5 Cara Dasar Manajemen Emosi yang Dianjurkan dalam Perspektif Islam, agar Tidak Gampang Terbawa Emosi

Perlu diingat bahwa self journaling adalah proses pengenalan diri bukan sebuah penilaian. Jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri jika merasa sulit untuk mengekspresikan diri.

Ini adalah proses yang berkelanjutan, dan setiap proses self journaling yang membawa pada pemahaman diri lebih dalam adalah pencapaiannya.

Mulailah self journaling, dan rasakan bagaimana rutinitas ini dapat meningkatkan kualitas diri Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: