5 Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling: Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

5 Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling: Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Panduan Praktis untuk Memulai Self Journaling--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Panduan praktis untuk self journaling adalah media yang kuat untuk merenung, mengatur, dan meningkatkan diri. Ini adalah praktik pribadi yang melibatkan mencatat pemikiran, perasaan, pencapaian, dan tujuan Anda secara teratur. 

Teknik journaling ini sudah populer dan terbukti keabsahannya di dunia psikologi. Seperti disebutkan psikolog Tosina Sagala di halaman instagramnya bahwa self journaling terbukti ampuh sebagai media untuk mengenal diri sendiri. 

Berikut panduan self journaling yang dapat membantu mengenal diri sendiri, sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas hidup.

BACA JUGA: Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

BACA JUGA: Jangan Salah! Olahraga Fisik Bisa Bantu Atasi 5 Masalah Kesehatan Mental Ini

1. Temukan Format yang Sesuai dengan Anda

Ada banyak cara berbeda untuk self-journaling, jadi penting untuk menemukan format yang sesuai dengan gaya Anda. Beberapa orang lebih suka menulis, bisa juga memberi detail dengan gambar atau skema dalam jurnal fisik di buku catatan. 

Sementara ada juga yang lebih nyaman menggunakan aplikasi digital atau dengan merekam suara audio. Jangan takut tulisan jelek, karena self journaling berbeda dengan teknik-teknik penulisan pada umumnya. Jadi kamu bisa bebas berekspresi.

2. Jadwalkan Waktu untuk Self Journaling

Agar self journaling menjadi kebiasaan yang berkelanjutan, penting untuk mengatur waktu khusus untuk melakukannya. Ini bisa pagi hari, sebelum tidur, atau di waktu-waktu santai lainnya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan dan Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Berat Badan, Menyehatkan Kulit

3. Tetap Terbuka dan Jujur pada Diri Sendiri

Self journaling adalah tempat di mana Anda bisa menjadi diri sendiri tanpa takut dihakimi. Oleh karena itu, penting untuk tetap terbuka dan jujur dengan diri sendiri saat menulis. Jangan takut untuk mencatat perasaan negatif atau ketidakpastian Anda.

4. Gunakan Pertanyaan yang Mewakili Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: