Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Pentingnya Self Love sebagai bentuk pengenalan dan penghargaan kebahagiaan diri--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Pentingnya Self Love dalam kehidupan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan. Seringkali kita cenderung melupakan satu hal yang sangat penting, yaitu mencintai diri sendiri atau yang lebih dikenal sebagai "Self Love."

Self love adalah konsep yang melibatkan perasaan positif terhadap diri sendiri, merawat kebutuhan diri, dan menghargai diri sendiri sebagai individu yang berharga.

Self love berupa sebuah sikap positif dan kasih sayang terhadap diri sendiri. Yang di dalamnya melibatkan penerimaan diri sendiri dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tanpa merasa bersalah atau menilai diri sendiri dengan keras.

Self love juga mencakup batasan diri, kepedulian terhadap kesejahteraan fisik dan mental kita sendiri.

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan: Apakah Bentuk Efek Trauma Masa Lalu?

BACA JUGA:Sering Ngga Enakan? Mengenal Istilah People Pleaser: Penyebab dan 7 Langkah Tepat Penanganannya

Self love bukanlah bentuk narsisme atau egoisme jika diaktualisasikan dengan kadar dan cara yang tepat. Melainkan bentuk dasar mengapresiasi diri agar bisa menjalani kehidupan yang seimbang dan bahagia. Berikut beberapa alasan mengapa self love penting:

- Kesehatan Mental dan Fisik yang Lebih Baik: Self love membantu kita mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi. Ini termasuk menjaga pola makan sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan fisik yang lebih baik.

- Hubungan yang Lebih Sehat: Ketika kita mencintai diri sendiri, kita cenderung memiliki hubungan yang lebih sehat dengan orang lain. Kita dapat memberikan kasih sayang dan dukungan tanpa mengharapkan imbalan yang berlebihan.

- Prestasi yang Lebih Tinggi: Self love memotivasi kita untuk meraih tujuan dan impian kita. Ketika kita merasa berharga, kita lebih mampu mengatasi rintangan dan mencapai potensi kita yang sebenarnya.

Lalu bagaimana cara Self Love yang tepat agar kebutuhan diri terpenuhi dengan baik?

BACA JUGA:Catat Ya! 5 Tips Camping di Manasuka Camping Ground Agar Mendapatkan Pengalaman yang Menyenangkan

Self love ini berlangsung secara terus-menerus selama hidup dengan cara yang bervariasi. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan self love:

1. Praktikkan Penghargaan Diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: