Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Apa Itu Self Love? Pentingnya Self Love dan 8 Cara Tepat Menerapkannya

Pentingnya Self Love sebagai bentuk pengenalan dan penghargaan kebahagiaan diri--Freepik.com

Kenali prestasi Anda, baik besar maupun kecil, dan beri diri Anda penghargaan. Ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

2. Hindari Kritik Diri yang Berlebihan

Membiarkan diri terbawa dalam kritik berlebihan tentu akan berpengaruh pada kesehatan mental. Mulailah dengan berbicara pada diri sendiri dengan cara yang lebih baik. 

Alihkan pemikiran negatif dan fokus pada aspek positif dalam diri Anda. Namun di sisi lain, jangan takut untuk menerima tantangan dari saran orang lain sebagai bentuk upgrade diri.

3. Merawat Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk merawat diri Anda. Ini bisa berarti berlibur, meditasi, atau melakukan hobi yang Anda nikmati.

4. Terima Kekurangan Diri

Setiap orang memiliki kekurangan. Terima diri Anda apa adanya dan ingat bahwa kekurangan itu adalah bagian dari Anda yang unik.

5. Jaga Kesehatan

Prioritaskan kesehatan fisik dan mental Anda dengan tidur yang cukup, makan sehat, dan berolahraga.

6. Journalling

Mulai tulis apa yang menggambarkan diri Anda. Tentang minat bakat, kelebihan, kekurangan diri, dan hal lain yang memengaruhi kebahagian serta kesedihan diri.. Hal ini sebagai tahap pengenalan diri. Bisa juga dengan mengikuti tes psikologi.

Nah itu tadi contoh cara tepat mengaktualisasikan self love. Jangan sampai kita tidak mengenal diri sendiri, lalu bagaimana mungkin orang lain bisa menghargai kita? 

BACA JUGA:2 Cara Deteksi Dini Gangguan Jiwa yang Dapat Kamu Terapkan! Awas Jangan Self Diagnose!

Seperti yang dikatakan Tosina Sagala seorang psikolog di akun Instagramnya, bahwa Self-love akan menjadi Fake-love ketika dari banyak cara yang kita lakukan, tetap melewatkan 1 hal penting yaitu "Mengenal Diri Sendiri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: