Apakah Mencatat Materi Merupakan Metode Pembelajaran yang Efektif? Berikut Penjelasannya!

Apakah Mencatat Materi Merupakan Metode Pembelajaran yang Efektif? Berikut Penjelasannya!

Benarkah mencatat menjadi metode yang menarik dalam pembelajaran --Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Satu hal yang sering membuat siswa malas adalah menuliskan isi pelajarannya.

Hal ini terutama terjadi ketika mendengarkan penjelasan guru di sekolah. Bagi sebagian orang, hal ini dapat membuat mereka sulit fokus dalam memahami materi, dan mereka cepat bosan saat belajar. Lagi pula, kebanyakan orang memilih untuk menyalin catatan dari teman, dalam hal ini kemungkinan besar catatan tersebut tidak akan pernah dibaca lagi.  

Apakah kamu termasuk tipe pelajar seperti itu? Tak perlu khawatir, meski kamu tidak membuat catatan saat belajar, bukan berarti kamu tidak belajar dengan efisien. Padahal, hal terpenting untuk pembelajaran efektif adalah otak kamu harus aktif dan terhubung dengan apa yang dijelaskan. Selain itu, jika kamu merasa daya ingat kamu cukup kuat untuk menghafalnya, tidak ada masalah jika kamu tidak menuliskannya.  

BACA JUGA:Sangat Mudah, Inilah 3 Cara Menanam Kaktus Koboi Di Dalam Pot, Dijamin Tumbuh Dengan Subur

BACA JUGA:Kamu Wajib Coba! 4 Spot Menarik di River Walk Boja, Wisata Terhits di Kabupaten Kendal

Membantu kamu lebih memahami tentang pembelajaran efektif. RADARPEKALONGAN akan membahas tentang teknik belajar yang benar. Oleh karena itu, melalui ulasan kali ini kamu dapat mengetahui apakah belajar tanpa catatan merupakan metode belajar yang efektif. Simak ulasan lengkapnya!

1. Teknik pembelajaran yang efektif 

Padahal, bagian terpenting dari pembelajaran efektif adalah mempraktikkan pembelajaran aktif, artinya mengaktifkan otak secara aktif saat belajar, baik kamu mencatat atau tidak.  

Lalu bagaimana kita menciptakan pembelajaran aktif? Oleh karena itu, kamu dapat mencoba menerapkan metode UNDERSTAND pada prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. 

Apa itu metode UNDERSTAND? Berikut penjelasannya

Petakan 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menerapkan pembelajaran aktif adalah dengan mengenali terlebih dahulu kemampuan belajar kamu sendiri. Seberapa luas keahlian kamu? Apakah kamu mencapai tujuan kamu? Materi mana yang harus saya pelajari terlebih dahulu? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kamu mengetahui jadwal dan gaya belajar kamu di masa depan.   

 Alami  

 Kamu telah belajar dari buku dan menghafalkannya sepanjang hidup kamu, namun konsep tentang apa yang kamu pelajari belum tertanam kuat di benak kamu. Artinya otak kamu belum aktif dan kamu belum memiliki pengalaman untuk belajar dari pengalaman kamu. Ketika otak kamu aktif, kamu akan dengan mudah memahami pelajaran dan melihat bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui cara menerapkannya, kamu perlu fokus memperhatikan apa yang kamu pelajari.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: