Apa Sih Pentingnya Menemani Anak Belajar Di Rumah? Yuk Simak Ulasannya!

Apa Sih Pentingnya Menemani Anak Belajar Di Rumah? Yuk Simak Ulasannya!

Apa sih pentingnya mendampingi belajar anak di rumah--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Menemani anak belajar di rumah adalah salah satu kewajiban yang dimiliki oleh orang tua. Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah bagi orang tua.  

Meskipun orang tua bekerja keras dan peduli pada banyak hal, tapi tetap mereka mempunyai peran penting dalam mendukung pembelajaran anak. Selain menyekolahkan anak, mereka juga aktif dalam keseharian, seperti mendampingi anak belajar. 

Sangat sulit sekali untuk mengurus pelajaran anak, meskipun itu masalah sepele. Apalagi jika kita juga sibuk dengan pekerjaan dan bisnis.   

Namun, ada banyak manfaat meluangkan waktu untuk mendampingi anak kamu belajar. 

BACA JUGA:Inilah 4 Keterampilan Penting Bagi Anak yang Dapat Dilatih Sejak Dini

BACA JUGA:Bagaimana Menilai Anak Siap Masuk SD? Simak 5 Tandanya!  

Mendampingi anak kamu belajar tidak berarti mengerjakan dan menyelesaikan semua pekerjaan rumahnya. Selain itu, meluangkan waktu menemani anak kamu belajar memiliki banyak manfaat penting. 

 1. Membantu anak lebih fokus dalam belajar 

Saat kita mendampingi anak, konsentrasi mereka saat belajar mudah terganggu. Dengan mendukung pembelajaran anak, kami membantu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehadiran kita di sisinya saat belajar membantunya bersemangat belajar tanpa merasa malas. 

 2. Memimpin dengan memberi contoh  

 Pendidik Elliot Szostak mengungkapkan dalam artikelnya `"manfaat membantu anak anda mengerjakan pekerjaan rumah'' bahwa salah satu cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan belajar seumur hidup adalah dengan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak kamu.

Saat anak kamu sedang mengerjakan pekerjaan rumah, kita bisa menemaninya dengan duduk di dekatnya dan membacakan buku untuknya. Tanyakan kepada anak kamu apakah mereka mengalami masalah dengan pekerjaan rumahnya.

 3. Membantu anak belajar disiplin  

Disiplin harus dipelajari sejak dini, proses ini tidak terjadi dengan cepat, sehingga kita harus bersabar dan membantu anak kita mengembangkan kepribadian yang disiplin.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: