Mbah Wage Tewas saat Padamkan Kebakaran Lahan Sawah

Mbah Wage Tewas saat Padamkan Kebakaran Lahan Sawah

Petani di Desa Kwasen Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan tewas saat padamkan kebakaran lahan sawah.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN – Petani dari Dukuh Swangan, Desa Kwasen, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Casmad alias Wage (72), tewas saat berupaya memadamkan kebakaran lahan sawah.

Korban yang sudah berusia lanjut kewalahan hingga kehabisan oksigen dan akhirnya meninggal terbakar.

Kapolsek Kesesi Iptu Felix Prasetyawan, Kamis, 28 September 2023, menerangkan, korban semula membakar jerami kering miliknya. Namun karena angin kencang mengakibatkan api merembet ke area persawahan sekitarnya. 

“Hal itu membuat korban berusaha memadamkan api agar tidak meluas dengan cara memukul-mukulkan daun pelepah pisang ke api, namun kewalahan dan kehabisan oksigen sehingga mengakibatkan korban meninggal dan terbakar,” ujarnya.

Baca juga:Kebakaran Lahan Makan Korban Jiwa, Petani di Kabupaten Pekalongan Tewas Terbakar

Baca lagi:Sesak Nafas saat Padamkan Kebakaran Hutan, Mbah Cayo Digendong Bhabinkamtibmas Polsek Kajen Keluar Hutan

Dikatakan, menurut keterangan keluarga, korban menderita penyakit rabun dan pernah dirawat karena penyakit katarak. Selain itu juga memiliki penyakit asam urat di kakinya.

Peristiwa orang meninggal terbakar terjadi di area persawahan Dusun Binangun RT 003 RW 003 Desa Kwasen, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan ini terjadi pada Rabu, 27 September 2023. 

“Kondisi sawah adalah bekas tanaman padi yang sudah mengering dan juga penuh dengan rumput liar yang sudah mengering. Sedangkan jarak antara sawah korban dengan ditemukannya korban meninggal dunia sekitar 70 meter,” ungkap Iptu Felix.

Melihat korban sedang kewalahan, dua warga yang kebetulan berada di sawah juga ikut berusaha untuk memadamkan api. Selanjutnya, kedua warga malah mendapati korban sudah meninggal dunia dalam posisi tertelungkup di area persawahan itu.

Baca Juga:4 Kasus Kebakaran di Kabupaten Pekalongan dalam Sehari, Karhutla Mendominasi

Baca Lagi:Kebakaran Hutan di Paninggaran, Warga Bareng Petugas Gropyokan Padamkan Api

Peristiwa tersebut pun selanjutnya dilaporkan kepada aparat Desa Kwasen. Setelah dilakukan pengecekan, Kepala Desa Kwasen kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Kesesi.

Usai menerima laporan, petugas Polsek Kesesi bersama tim Inafis Polres Pekalongan, tenaga kesehatan dari Puskesmas Kesesi II, personel TNI Koramil Kesesi, serta pihak staf kantor Camat Kesesi mendatangi tempat kejadian perkara guna penanganan lebih lanjut, termasuk menolong dan mengidentifikasi jasad korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: