8 Efek Makan Mie Instan Setiap Hari Bagi Kesehatan

8 Efek Makan Mie Instan Setiap Hari Bagi Kesehatan

Efek makan mie instan tiap hari.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Mie instan saat ini tak sekadar untuk pengganjal lapar saat tak punya uang, malas masak, atau malas keluar rumah untuk beli makanan. Padahal, mengonsumsi mie instan setiap hari tak disarankan, berikut ini efek makan mie instan setiap hari bagi kesehatan.

Harganya yang murah dengan cita rasa yang enak dan beragam, mie instan bagi sebagian orang menjadi menu favorit sehari-hari. Cara memasaknya pun mudah dan tidak memakan waktu lama.

Bahkan tak sedikit mengonsumsi mie instan di tengah malam kala tubuh berasa lapar. Faktor malas keluar rumah dan udara dingin mendorong kita ingin merasakan kelezatan mie instan panas. 

Jika badan terasa tidak enak, makan mie instan panas dengan kuah yang pedas terasa nikmat. Keringat langsung keluar dari tubuh. Bolehlah sesekali makan mie instan, namun tak dianjurkan makan mie instan tiap hari karena akan berefek pada kesehatan tubuh.

Mie instan jika dijadikan makanan wajib sehari-hari boleh dibilang minim gizi. Apalagi jika cara memasaknya tidak benar, maka asupan gizi ke tubuh bisa berkurang jika hanya makan mie instan saja setiap hari.

Baca Juga:3 Cara Memasak Mie Instan agar Aman dan Sehat, Menu Wajib Mahasiswa dan Anak Kost

Berikut ini 7 efek makan mie instan setiap hari bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari beberapa sumber:

1. Gangguan ginjal

Mie instan kandungan garamnya tinggi, sehingga dapat memengaruhi fungsi ginjal. Apalagi jika dikonsumsi setiap hari atau terlalu sering dan dalam jumlah banyak, risiko gangguan ginjal akan lebih tinggi. 

Perlu diingat! Jika fungsi ginjal terganggu, penumpukan natrium dan cairan dalam tubuh akan terjadi. Ini akan memicu pembengkakan di kaki, bahkan organ lainnya seperti jantung dan paru-paru.

2. Gangguan pencernaan

Mie instan tidak mudah untuk dicerna di tubuh. Ini akan mengakibatkan sistem kerja di dalam saluran cerna menjadi lebih berat. Apabila mie instan dikonsumsi terlalu sering, maka bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

3. Obesitas

Mie instan kandungan kalorinya cukup tinggi. Jika makan mie instan terlalu banyak tiap harinya, maka berat badan akan naik dengan mudah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: