6 Keutamaan Mencari Nafkah, Bisa jadi Penghalang dari Siksa Neraka

6 Keutamaan Mencari Nafkah, Bisa jadi Penghalang dari Siksa Neraka

Ilustrasi suami bekerja mencari nafkah karena banyak keutamaan mencari nafkah menurut agama Islam.-Tangkapan layar freepik.com-

4. Harta semakin berkah

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah para hamba berpagi hari di dalamnya melainkan ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, "Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang senang berinfak." Yang lain mengatakan, "Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang pelit." (HR. Bukhari dan Muslim). 

Baca juga:Ingin Rezeki Lancar dan Berkah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan Perbanyak Istighfar dan Taubat

5. Setiap orang akan dimintai pertanggungjawabannya di akherat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Allah akan bertanya pada setiap pemimpin atas apa yang ia pimpin." (HR. Tirmidzi).

Dalam riwayat Ibnu Hibban disebutkan, "Allah akan bertanya pada setiap pemimpin atas apa yang ia pimpin, apakah ia memperhatikan atau melalaikannya." (HR. Ibnu Hibban).

6. Penghalang dari siksa neraka

Keutamaan mencari nafkah keenam adalah bisa menjadi tameng dari jilatan neraka. Dalilnya, "Selamatkanlah diri kalian dari neraka walau hanya melalui sedekah dengan sebelah kurma." (HR. Bukhari).

Aisyah radhiyallahu anha berkata, "Ada seorang ibu bersama dua putrinya menemuiku meminta makanan, akan tetapi ia tidak mendapati sedikit makanan pun yang ada padaku kecuali sebutir kurma. Maka aku pun memberikan kurma tersebut kepadanya, lalu ia membagi sebutir kurma tersebut untuk kedua putrinya, dan ia tidak makan kurma itu sedikit pun. Setelah itu ibu itu berdiri dan pergi keluar. Lalu masuklah Nabi shallallahu alaihi wa sallam, maka aku pun mengabarkannya tentang ini, lantas beliau bersabda,

"Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan lalu ia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka," (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca lagi:10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Ummu Salamah, istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa mengeluarkan hartanya untuk keperluan kedua anak perempuannya, kedua saudara perempuannya atau kepada dua orang kerabat perempuannya dengan mengharap pahala dari Allah, lalu Allah mencukupi mereka dengan karunianya, maka amalan tersebut akan membentengi dirinya dari neraka." (HR. Ahmad).

Dua hadits terakhir ini menerangkan keutamaan memberi nafkah pada anak perempuan karena mereka berbeda dengan anak laki-laki yang bisa mencari nafkah, sedangkan perempuan asalnya di rumah.

Demikian tulisan singkat tentang keutamaan mencari nafkah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: