Mengenal Beberapa Motif Batik Sulawesi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Tak Kalah Cantik dari Batik Jawa

Mengenal Beberapa Motif Batik Sulawesi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Tak Kalah Cantik dari Batik Jawa

motif batik sulawesi--iwarebatik.org

RADARPEKALONGAN - Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, hampir setiap daerah memiliki ciri khas batiknya masing-masing. Salah satunya adalah motif batik Sulawesi yang berasal dari daerah Sulawesi.

Mungkin selama ini beberapa orang lebih familiar dengan batik-batik yang berasal dari daerah Jawa. Padahal nyatanya hampir setiap daerah di Indonesia juga memproduksi batik.

Seperti di daerah Sulawesi nih. Meskipun sebenarnya Sulawesi lebih dikenal dengan kain tenunnya, namun di pulau ini banyak juga masyarakatnya yang membuat batik. Bahkan, ada juga gabungan kain tenun batik.

Terhitung sampai saat ini terdapat 6 provinsi di pulau tersebut yang memiliki ciri masing-masing dari motif batik Sulawesi. Provinsi tersebut adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

BACA JUGA:Rekomendasi Dress Batik Wanita Modern Masa Kini agar Tampil Anggun dan Mewah

BACA JUGA:Batik Celup Ikat, Karya Seni Batik yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah Lho!

Nah beberapa motif batik Sulawesi ini terinspirasi dari lingkungan setempat, geografi dan kondisi alam di sana. Selain itu yang sedikit membedakan dengan batik dari daerah lain adalah bahan batiknya yang terbuat dari benang sutra yang ditenun.

Selanjutnya untuk mengetahui beberapa motifnya, langsung saja kita mulai pembahasannya di bawah ini. 

Motif Batik Sulawesi

1. Motif Wakatobi

Wakatobi sendiri adalah salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang sangat terkenal dengan destinasi wisata lautnya. Nah kondisi alam yang memiliki gambaran suatu pulau bahari yang cantik, menjadi inspirasi dari moti batik Sulawesi yang satu ini.

Gambaran alam yang dijadikan sebagai motif batik ini melambangkan rasa bersyukur kepada Tuhan akan cantiknya wilayah mereka. Selain itu ada satu lagi, terdapat simbol daun patra dalam motifnya yang bermakna adanya rasa kesadaran ilahiah pada masyarakat di sana.

BACA JUGA:Inilah 7 Rekomendasi Model Gamis Batik Kombinasi Polos Terbaru 2023, Bikin Muslimah Terlihat Elegan dan Modern

Untuk warna-warna dari batik yang satu ini cenderung cerah, ini membuat batik wakatobi terlihat sangat cantik dan menawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: