Mengenal Beberapa Motif Batik Sulawesi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Tak Kalah Cantik dari Batik Jawa

Mengenal Beberapa Motif Batik Sulawesi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Tak Kalah Cantik dari Batik Jawa

motif batik sulawesi--iwarebatik.org

2. Motif Lipa Saqbe

Motif batik Sulawesi ini berasal dari daerah Sulawesi Barat, bernama motif Lipa Saqbe. Motif pada batik Sulawesi yang satu ini diambil dari bentuk geometris klasik dan simbol-simbol dari beberapa suku yang ada di sana. 

Motif tersebut memberikan gambaran atas kesederhanaan suku-suku di Sulawesi Barat. Memiliki warna-warna yang menarik ditambah dengan tampilan motif yang unik, membuatnya terlihat indah.

3. Motif Tari Kabasaran

Seperti namanya, motif yang satu ini terinspirasi dari tarian tradisional Minahasa di Sulawesi Utara. Tarian ini adalah tarian yang kerap kali ditampilkan dalam upacara adat, yang dinilai sakral.

BACA JUGA:Keunikan Motif Batik Naga Seba dari Cirebon, Motif yang Penuh Makna Kehidupan

Motifnya menggambarkan dua pria yang saling berhadapan dengan tambahan motif lain yang memberikan kesan unik dan indahnya daerah tersebut. 

Selain itu warna pada batik sulawesi yang satu ini memiliki perpaduan warna yang menarik dan mencolok di mata.

4. Motif Karawo

Motif batik Sulawesi yang satu ini merupakan motif khas dari Gorontalo. Memiliki perpaduan dari empat warna, yaitu warna ungu sebagai simbol kekhidmatan, warna hijau yang merupakan kesuburan, warna kuning melambangkan kemakmuran dan warna merah yang berarti keberanian.

Batik yang satu ini terdapat perpaduan antara motif batik dengan tambahan sulaman tangan khas daerah tersebut. Memiliki dua motif yang terkenal yaitu karawo mahkuta dan karawo pinang.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Baju Batik Sarimbit Terbaik untuk Kamu dan Pasanganmu

5. Motif Bomba

Motif bomba adalah motif batik yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah. Beberapa variasi dari motifnya adalah sero tangga, cengkeh, bomba mawar, dan masih banyak yang lainnya.

Motif batik bomba sendiri memiliki makna dari kehidupan dan budaya masyarakat Palu yang terbuka kepada siapapun. Motif batik bomba ini ternyata sudah terkenal sampai ke mancanegara lho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: