Baru Memelihara Kucing, Inilah Cara Mencegah Hairball pada Kucing, Dijamin Ampuh!

Baru Memelihara Kucing, Inilah Cara Mencegah Hairball pada Kucing, Dijamin Ampuh!

Mencegah kucing hairball--Freepik

RADARPEKALONGAN – Bagi para pemilik kucing sepertinya sudah tidak asing lagi dengan istilah hairball, lalu sebenarnya bagaimana cara mencegah hairball pada kucing?

Jika kamu sering memperhatikan kucing biasanya akan memperagakan perilaku seperti hendak muntah dan mengeluarkan suara yang kurang nyaman untuk didengar.

Kemudian setelah itu biasanya kucing akan mengeluarkan gumpalan-gumpalan rambut, bahkan tidak jarang juga disertai dengan isi lambung.

BACA JUGA: Waspada, Inilah Penyebab Kucing Sakit Abses, Gejala dan Cara Mengatasinya, Gampang Banget!

Uniknya, kejadian seperti ini terjadi secara tiba-tiba, bahkan kucing yang baru bangun dari tidurnya saja bisa tiba-tiba berbau hairball, kemudian tidur kembali, seperti tidak terjadi apa-apa.

Nah, jika kamu ingin mengatasinya, yuk langsung saja simak sampai selesai, karena kami ada informasi cara mencegah hairball pada kucing.

BACA JUGA: Tidak Perlu ke Pet Shop, Inilah Cara Membersihkan Telinga Kucing, Ternyata Gampang Banget!

Rutin melakukan grooming

Cara mencegah hairball pada kucing yang pertama bisa kamu lakukan adalah, rutin melakukan grooming, dilansir dari halaman resmi Cats Protection, bahwa kucing akan mengalami shedding atau pengguguran rambut dalam jumlah yang cukup banyak pada waktu tertentu.

Dan ini merupakan bagian dari siklus alami pertumbuhan rambut kucing, dimana rambut yang sudah lepas akan digantikan dengan rambut baru yang sehat dan kuat.

Ketika terjadi hal seperti ini, biasanya kucing akan lebih sering melakukan grooming, seperti menjilati tubuhnya agar rambut yang longgar bisa terlepas dari tubuhnya.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum, Inilah Fakta Tentang Kucing Oyen, Gak Nyangka Banget!

Namun sayangnya, tidak semua rambut yang menempel bisa lepas, dan tidak jarang juga menyebabkan sebagian rambut akan tertelan dan masuk ke dalam lambung.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kucing kamu harus rutin melakukan perawatan, terutama menyikat dan menyisir secara rutin, usahakan melakukannya setiap hari.

Upaya seperti ini dapat diterapkan pada kucing berambut panjang dan pendek, dengan demikian sebagian rambut yang longgar bisa dilepaskan dari tubuh, sehingga tidak banyak yang tertelan ke dalam mulut.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum, Inilah Ras Kucing Paling Populer, Maka Kesukaanmu?

Memotong rambutnya secara berkala

Biasanya kejadian sheeding atau pengurangan rambut pada kucing, sering terlihat pada kucing yang memiliki rambut panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: