Tidak Perlu ke Pet Shop, Inilah Cara Membersihkan Telinga Kucing, Ternyata Gampang Banget!

Tidak Perlu ke Pet Shop, Inilah Cara Membersihkan Telinga Kucing, Ternyata Gampang Banget!

cara membersihkan telinga kucing--Freepik

RADARPEKALONGAN – Sebagai pemilik kucing kamu juga harus mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga kucing, agar kotorannya tidak menumpuk.

Selain rutin memberinya pakan dengan nutrisi tinggi dan memandikan kucing, kamu juga harus membersihkan telinga kucing, agar pendengarannya tidak terganggu.

Tidak hanya menjadikan telinga kucing bersih saja, membersihkan telinganya juga mampu membantu mengidentifikasi jika terjadi masalah pada kesehatan kucing.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga kucing, tentunya agar kucing merasa nyaman dan aman, bahkan kamu bisa melakukannya dari rumah, tidak perlu ke pet shop.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum, Inilah Ras Kucing Paling Populer, Maka Kesukaanmu?

Cara membersihkan telinga kucing di rumah

Kucing merupakan salah satu hewan yang dapat merawat dirinya dengan baik. Tanpa bantuan manusia sekalipun sebenarnya kucing sudah bisa merawat dirinya sendiri.

Namun mereka sangat rentan sekali, terhadap penumpukan kotoran di telanga. Jadi sebagai pemilik kamu harus membantunya agar telinganya bersih dari kotoran.

Cara membersihkan telinga kucing juga terbilang cukup mudah, dan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, tentunya juga lebih hemat anggaran.

BACA JUGA:Kucingmu Tidak Mau Menyusui, Inilah Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui, Segera Bertindak!

Perlu diperhatikan juga, ketika membersihkan telinga kucing, kamu harus melakukan pendekatan dengan cara memeluknya agar mereka merasa aman dan nyaman, dan tidak merasa terancam.

Nah, agar semakin jelas, yuk langsung saja simak sampai selesai, dan kamu bisa langsung mencobanya sendiri di rumah, aman kok.

BACA JUGA:Kenali Sebelum Memburuk, Inilah Ciri-ciri Kucing Stress, Langsung Ambil Tindakan!

1. Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan

Cara membersihkan telinga kucing yang pertama harus kamu lakukan adalah, menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan telinganya.

Pastikan terdapat cotton buds, cairan pembersih khusus untuk telinga kucing, dan juga handuk, semua alat tersebut sudah harus ada didekatmu.

Beberapa hal tersebut memang terlihat sepele dan tidak penting, namun jangan sampai kucing sudah ada dipelukan namun alat-alat yang dibutuhkan belum siap sama sekali.

BACA JUGA:Pemula Harus Paham, Inilah Cara Merawat Gigi Kucing, Langsung Saja Praktekan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: