Tidak Perlu ke Pet Shop, Inilah Cara Membersihkan Telinga Kucing, Ternyata Gampang Banget!

Tidak Perlu ke Pet Shop, Inilah Cara Membersihkan Telinga Kucing, Ternyata Gampang Banget!

cara membersihkan telinga kucing--Freepik

2. Mengajak kucing bermain

Sebelum membersihkan telinga kucing, usahakan terlebih dahulu untuk mengajak mereka bermain, dan setelah mereka benar-benar tenang, kamu bisa langsung menutupi tubuhnya dengan handuk.

Kemudian kamu bisa langsung membersihkan telinganya secara lembut. Jika kucing mulai meronta-ronta, kamu bisa berhenti terlebih dahulu, sampai kucing tenang kembali.

Sebab, jika kamu menggunakan cara pemaksaan, yang ditakutkan kucing akan trauma, oleh karenanya kamu harus dengan cara yang lembut.

BACA JUGA:Katanya Membawa Keberuntungan, Inilah Fakta Kucing Tortie, Yakin Gak Tertarik Memeliharanya?

3. Memeriksa telinga kucing

Selama proses pembersihan telinga kucing, jangan ragu juga untuk memeriksa telinganya dengan cermat, apakah masih ada kotoran yang menempel atau tidak.

4. Menarik secara perlahan penutup telinganya

Setelah kamu memulai membersihkan telinga kucing, kamu bisa menarik secara perlahan pinna atau penutup telinga kucing.

Kemudian lipat kembali penutup telinganya dengan satu tangan, gunakan juga tangan lainnya untuk memegang botol cairan pembersih telinga.

BACA JUGA:Harganya Ada yang Setara Mobil, Inilah Fakta Kucing Sphinx, Kucingnya Para Sultan!

5. Jangan memasukan ujung botol ke dalam telinga kucing

Kamu harus memegang botol pembersih telinganya di dekat telinga kucing, namun jangan sampai memasukan ujung botolnya ke dalam telinga kucing.

Nah, jika ujungnya menyentuh telinga kucing, jangan lupa untuk membersihkan bagian tersebut dengan menggunakan kapas alkohol yang sudah digunakan sebelumnya.

BACA JUGA:Fakta Menarik, Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Takut Air, Pecinta Kucing Harus Tahu!

Dengan cara ini, mampu mengurangi penyebaran bakteri dan juga jamur, yang menjadi penyebab umum infeksi terhadap telinga kucing.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga kucing, yang bisa kamu lakukan sendiri di Rumah, tentunya lebih hemat, sebab tidak perlu datang ke Pet Shop.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: