Kamu Sering Olahraga? Cobalah 5 Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Kamu Sering Olahraga? Cobalah 5 Mineral dan Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa--unsplash.com

RADARPEKALONGAN – Ada beragam vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa yang bisa kamu konsumsi jika kamu sering berolahraga.

Tubuhmu dapat mencapai hasil yang lebih baik jika memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan untuk olahraga. Oleh karena itu, nutrisi yang sehat adalah segalanya. Namun terkadang makanan sehat tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisimu.

BACA JUGA:Inilah 12 Merk Vitamin untuk Badan Lemas yang Dapat Kamu Beli di Apotek, Harga Mulai 6 Ribuan

Berikut mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa

1. VITAMIN B

Vitamin B memainkan peran penting dalam metabolisme energi. Kamu harus mengonsumsi vitamin B12 secara khusus setiap hari, karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Vitamin ini terlibat dalam berbagai proses metabolisme, dalam pembelahan sel, pembentukan darah, produksi energi.

Bagi para atlet, vitamin B12 juga menarik karena fungsinya dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia melalui gangguan pematangan sel darah merah. Gejala anemia adalah kelemahan umum, kelelahan dan jantung berdebar.

Hal ini terutama disebabkan oleh berkurangnya pengangkutan oksigen ke organ-organ tubuh dan otot-otot yang bekerja. Terutama pada orang yang aktif secara atletis, kekurangan partikel pengangkut oksigen (sel darah merah) ini harus dikompensasi karena kekurangan vitamin B12.

2. Zinc

Kamu boleh meremehkan zat besi. Zat besi memastikan bahwa oksigen yang kita hirup menemukan jalan tercepat ke otot kita. Hanya dengan cara ini otot dapat berfungsi dengan baik.

Jika tidak ada pasokan zat besi yang cukup, otot tidak menerima oksigen yang cukup, yang dengan cepat dirasakan oleh para atlet kompetitif pada khususnya.

Semakin banyak kamu berkeringat, semakin banyak zat besi yang harus kamu konsumsi, karena tubuh kehilangan sebagian besar zat gizi mikro melalui keringat.

3. MAGNESIUM 

Apa pun olahraga yang kamu lakukan, magnesium sangat penting. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium atau mengonsumsi kapsul magnesium untuk memastikan fungsi ototmu tetap terjaga dalam jangka panjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: