MAN 1 Kota Pekalongan Laksanakan Kegiatan P5 P2RA

MAN 1 Kota Pekalongan Laksanakan Kegiatan P5 P2RA

Siswa MAN 1 Kota Pekalongan saat laksanakan salah satu kegiatan P5 P2RA-Dok. MAN 1 Kota Pekalongan-

PEKALONGAN - MAN 1 Kota Pekalongan belum lama ini telah melaksanakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatalilalamin) sebagai implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Kota Pekalongan.

Kepala MAN 1 Kota Pekalongan Mimbar, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk peserta didik agar memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, bersikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal, dan menghargai tradisi.

"Harapannya dengan kegiatan projek P5 P2RA ini para siswa dapat menerapkan nilai karakter Pancasila yang akan berdampak pada berkurangnya perundungan (bullying) yang terjadi di kalangan pelajar," pesannya, pada acara pembukaan sosialisasi P5 P2RA di Aula MAN 1 Kota Pekalongan.

Mimbar menjelaskan bahwa kegiatan P5 P2RA di MAN 1 Kota Pekalongan direncanakan dalam 3 proyek di tahun pelajaran 2023/2024. Pada semester pertama ini akan dilaksanakan 2 projek dengan mengusung tema projek: gaya hidup berkelanjutan dan kearifan lokal. 

Pelaksanaan Projek P5 P2RA pada tema gaya hidup berkelanjutan telah dilaksanakan pada bulan September dengan rentang waktu dua minggu, dimulai pada tanggal 4 – 12 September 2023. Tema gaya hidup berkelanjutan yang dilaksanakan ini dibagi dalam beberapa sub tema pada kelas yang berbeda. 

BACA JUGA:Polisi Gelorakan Anti Bullying, Narkoba, dan Miras Melalui Giat P5 di Sekolah

BACA JUGA:Wujudkan Siswa Sehat Fisik dan Mental, SMK Muhammadiyah Kedungwuni Gelar P5 Bangunlah Jiwa Raga

Beberapa subtema yang dibagi berdasarkan kelas diantaranya: pemanfaatan sampah, mengurangi efek pemanasan global, gaya hidup sehat, gaya hidup minim sampah, hemat energi, lingkungan hijau, pembiasaan perilaku religius, peduli sosial, pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman obat, pemanfaatan sosial media dengan baik, pemanfaatan lahan kosong untuk kolam ikan, dan pemanfaatan gadget dengan bijaksana.

Pelaksanaan kegiatan P5 P2RA ini menghasilkan beberapa pengalaman kegiatan belajar bagi para siswa. Pada projek pemanfaatan sampah mereka membuat kerajinan tas dari sampah pembungkus pewangi. 

Pada gaya hidup sehat, mereka praktik membuat makanan yang sehat, menanam tanaman obat dan kampanye serta kunjungan ke berbagai tempat untuk melaksanakan tujuan projek tersebut.

Dalam rangka pelaksaanan tugas projek hemat energi, MAN 1 Kota Pekalongan bersinergi dengan PLN UP 3 dan UPL Kota Pekalongan menggelar program PLN Mengajar pada 13 September 2023.

Pada kesempatan ini MUP3, MULP & TL K3 menyampaikan sosialisasi keselamatan ketenagalistrikkan (K2), edukasi hemat energi, PLN Mobile, Iconnet, Institut Teknologi PLN & Promo Hari Pelanggan Nasional 2023 yang disampaikan langsung oleh Bapak Triyono selaku kepala MUP3 PLN Kota Pekalongan didampingi Bapak Andika Rahmad Setiaji dan TL K3 PLN Kota Pekalongan Bapak Mizan. Kegiatan ini digelar di Ruang rapat Greget Enjing Kantor PLN UP3. 

Triyono menyampaikan bahwa hal ini sebagai bentuk apresiasi dari Lembaga Pendidikan yang bersinergi dengan Perusahaan milik negara di bidang kelistrikan. Di hadapan 35 siswa MAN 1 Kota Pekalongan, dia mengapresiasi kegiatan P5 tersebut.

"Pengalaman mengajar pertama bagi PLN sehubungan dengan penerapan Kurikulum Merdeka, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: