Saatnya Naik Kelas, UMKM Center Dilaunching

Saatnya Naik Kelas, UMKM Center Dilaunching

LAUNCHING - Asisten Administrasi Umum Sekda Kendal Agus Dwi Lestari, didampingi Camat Weleri Dwi Cahyono Suryo serta Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop UKM Kendal Lytria Wandwias saat melaunching UMKM Center di Kecamatan Weleri.-red/sef-

KENDAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menunjukkan keseriusannya dalam mendorong dan memfasilitasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya untuk naik kelas. Salah satunya dengan meluncurkan UMKM Center di Kecamatan Weleri guna membantu mempromosikan produk-produk lokal di wilayahnya masing-masing.

Launching UMKM Center sendiri dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kendal (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Kendal di Kantor Kecamatan Weler, Senin (9/10/2023). Acara dihadiri Asisten 

Administrasi Umum Sekda Kendal Agus Dwi Lestari, Camat Weleri Dwi Cahyono Suryo berserta Sekretaris dan jajaran, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop UKM Kendal Lytria Wandwiasti.

Hadir pula Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal Angga Nur Wigantara, serta diikuti oleh para kepala desa se-Kecamatan Weleri, para pelaku UMKM dan PKM di Kecamatan Weleri.

Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Disdagkop UKM Kendal, Lytria Wandwiasti mengatakan, peresmian UMKM Center menjadi bagian dari aksi perubahan UMKM pada Diklatpim III yang diikutinya. Tujuannya adalah terus mengawal UMKM agar naik kelas.

"Peresmian UMKM Center ini tentunya akan lebih mempromosikan produk di kecamatan masing-masing. tujuan memajukan para pelaku UMKM Kabupaten Kendal agar naik kelas, dan pastinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Kendal," ujar Litria.

Untuk meningkatkan digital marketing UMKM, Pemkab juga telah menggandeng menggandeng platform Grab, Shopee dan Kantor Pos Indonesia. "Pendampingan terhadap para pelaku UMKM terus kita lakukan, sehingga diharapkan melalui aksi perubahan ini dapat terus berjalan, dan bisa meningkatkan produk-produk UMKM melalui digitalisasi," tambah Litria.

Kehadiran UMKM Center ini pun disambut baik Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari. Menurutnya, dengan adanya UMKM Center ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama para pelaku UMKM dengan sebaik-baiknya.

Tak hanya sebagai tempat promosi dan menjual produk, UMKM Center disebut Agus juga bisa didayagunakan untuk ruang sharing dan diskusi tentang bagaimana meningkatkan kualitas produk hingga pemasarannya.

"Tempat ini pastinya sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM, karena selain untuk promosi juga saling berbagi ilmu untuk mengikatkan kualitas produk, sehingga ke depan akan lebih maju lagi," kata Agus Dwi.

Sementara Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal, Angga Nur Wigantara, menyatakan kesiapannya untuk bersama Pemkab Kendal memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM di Kendal, utamanya dalam fasilitasi layanan pengiriman barang.

"Terkait dengan pengiriman barang kita siapkan pick up secara gratis dan pembayaran secara cashless. Dengan demikian harapannya dapat mambantu meningkatkan UMKM di Kabupaten Kendal," tegas Kepala Kantor Pos Kendal.

UMKM Center sendiri harapannya bisa dikloning di seluruh wilayah Kabupaten Kendal. Terlebih, selain di Kecamatan Weleri, Pemkab Kendal juga melaunching UMKM Center di Kecamatan Kaliwungu. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: