7 Adab Minum Air Putih dalam Pandangan Islam, Bagus untuk Kesehatan Tubuh

7 Adab Minum Air Putih dalam Pandangan Islam, Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi minum air putih sambil duduk, salah satu adab minum air putih.--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Minum air putih adalah kebutuhan penting sehari-hari yang harus dipenuhi. Ada beberapa adab minum air putih yang perlu diperhatikan karena memiliki dampak yang baik bagi tubuh.

Sebagai makhluk yang diberi akal, sudah seharusnya ketika melakukan sesuatu selalu memperhatikan adab, serta dampak baik atau buruk yang akan ditimbulkan. Sehingga dalam setiap perbuatan yang kita lakukan dapat membawa kemanfaatan.

Kita butuh minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi, dan sistem metabolisme tetap berjalan dengan baik.

Keutamaan air putih bahkan dianjurkan oleh Rasulullah, seperti dalam sebuah hadis riwayat an-Nasai, "Barangsiapa yang tidak menemukan kurma hendaklah berbuka dengan air karena air itu suci."

Nah, agar aktivitas minum air putih juga dapat bernilai ibadah, selain sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh, maka beberapa sunnah Nabi SAW yang dicontohkan saat minum berikut ini bisa mulai diterapkan.

BACA JUGA:Alasan Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 3 Cara Membiasakan Mengkonsumsi Air Putih secara Teratur

BACA JUGA:Ramuan Diet Jeruk Nipis dengan 3 Bahan Ini, Bantu Turunkan Berat Badan Secara Berangsur-angsur

1. Hindari Minum dengan Wadah Emas atau Perak

Dimulai dari pemilihan wadah untuk minum, Islam melarang untuk menggunakan wadah yang terbuat dari emas dan perak. Rasulullah SAW bersabda, 

"Janganlah kalian minum dari bejana emas dan perak dan jangan pula kalian makan dari mangkuk yang terbuat dari keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari Muslim.or.id, alasan dilarang makan dan minum menggunakan wadah emas atau perak adalah karena dikhawatirkan dapat menimbulkan perasaan sombong, dan angkuh. 

Hal ini juga dapat menyinggung kalangan orang kurang mampu, disaat mereka untuk makan saja kesulitan. Ada orang yang menghamburkan harta hanya untuk wadah minumnya yang terbuat dari emas, sebagai bentuk kemewahan dunia semata.

BACA JUGA:4 Minyak Rambut Penghilang Uban Terbaik di Apotik, Efektif Usir Rambut Putih Nggak Pakai Ribet Tanpa Dicabut

2. Minum dengan Posisi Duduk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: