Turut Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!

Turut Menjaga Berat Badan Tetap Ideal, Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!

Turut Menjaga Berat Badan dengan Ideal, Ini 7 Manfaat Minum Kopi untuk Fisik dan Mentalmu!-Image by Freepik-

Dengan rutin mengonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan antioksidan, kamu akan mendapatkan manfaat berupa berkurangnya risiko peradangan dalam tubuh yang bisa memicu berbagai penyakit seperti sindrom metabolik, diabetes, dan obesitas.

Baca juga Cinta, Kehidupan, dan Persahabatan: Ini 30 Quotes Tentang Kopi yang Siap Warnai Caption Media Sosialmu

4. Lebih Efektif dalam Berolahraga

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan performamu saat berolahraga. Hal ini karena terdapat manfaat pada kafein di antaranya untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, kebugaran, kekuatan, mengurangi rasa nyeri. Dengan begitu, kamu bisa berolahraga dengan lebih baik tanpa rasa nyeri yang muncul setelahnya.

5. Konsumsi Rutin Tidak Membuat Dehidrasi

Pada dasarnya, kopi merupakan minuman yang memiliki sifat diuretik atau mempercepat laju pengeluaran urine dalam tubuh. Saat mengonsumsi kopi, umumnya kamu akan lebih sering buang air kecil, sehingga tidak sedikit orang yang merasa khawatir akan mengalami dehidrasi.

Akan tetapi, kabar baiknya, penelitian menyebutkan bahwa kamu tidak akan mengalami dehidrasi jika dikonsumsi secara rutin dan konsisten karena tubuhmu telah beradaptasi dengan efek diuretik. Maksud rutin di sini setidaknya kamu mengonsumsi kopi 4 hari berturut-turut.

6. Memicu Rasa Bahagia

Tidak hanya yang berkaitan dengan fisik, manfaat minum kopi juga bisa datang dari aspek mental yakni memicu perasaan bahagia. Hal ini karena mengonsumsi kopi memiliki hubungan dengan kehadiran emosi positif, termasuk kepuasan, keramahan, kasih saying, rasa tenang, dan kebahagiaan. 

Penelitian bahkan menemukan bahwa kopi tidak terkait dengan emosi negative mana pun. Dalam studi oleh Harvard yang melibatkan 50 ribu perempuan, ditemukan hasil bahwa mengonsumsi kopi bisa mengurangi risiko depresi.

7. Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Kali ini datang dari fungsi kognitif, manfaat minum kopi bisa memengaruhi kemampuanmu dalam berpikir. Konsumsi kafein juga membuatmu cenderung memiliki kewaspadaanyang tinggi dan meningkatkan ketajaman ingatan setelah konsumsi 24 jam.

Namun, karena efek kewaspadaan ini, kamu perlu membatasi konsumsi kopi maksimal 6 jam sebelum tidur agar waktu tidurmu tidak terganggu dan bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

8. Membuat Berat Badan Tetap Ideal

Kopi tanpa gula sangat rendah kalori, itu faktanya. Hal ini membuat kopi dapat membantumu menjaga berat badan tetap ideal jika dikonsumsi dengan rutin dan dibarengi pola hidup yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: