Bisakah Ramuan Jamu dan Herbal Menurunkan Berat Badan? Begini Penjelasannya

Bisakah Ramuan Jamu dan Herbal Menurunkan Berat Badan? Begini Penjelasannya

Contoh bahan ramuan jamu dan herbal, memiliki banyak khasiat dan dapat menurunkan berat badan.-freepik.com/@azerbaijan_stockers-

RADARPEKALONGAN - Ramuan jamu dan herbal sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Indonesia sejak dulu kala. Selain jadi obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan, jamu juga dipercaya dapat dikonsumsi sebagai minuman suplemen alami yang membantu menurunkan berat badan.

Lalu apakah pendapat tersebut benar?

Jawabannya benar, karena jamu dan bahan herbal tradisional merupakan mikronutrien alami yang dibutuhkan tubuh. Dikutip dari hallosehat.com, ada dua macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Pertama, zat gizi makro atau makronutrien yang merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar. Seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang mana ketiganya adalah sumber energi tubuh.

Kedua, zat gizi mikro atau mikronutrien yang merupakan zat gizi dalam jumlah kecil yang dibutuhkan tubuh. Yang termasuk dari mikronutrien seperti kelompok vitamin dan mineral.

BACA JUGA:Langsing Alami: Dapatkan Manfaat Minum Jeruk Nipis dan Madu untuk Diet Bikin Badanmu Terasa Lebih Enteng

BACA JUGA:Cukup Mudah dan Efektif, Diet Alami Mengecilkan Perut dengan Jahe dan Jeruk Nipis

Ramuan Jamu dan Herbal sebagai Sumber Mikronutrien, untuk Membantu menurunkan Berat Badan

Bahan herbal yang dipercaya dapat menurunkan berat badan adalah jahe dan kunyit. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan zat besi dan fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan zat besi dan fosfor berfungsi untuk memecah protein dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Fungsi utama zat besi sendiri adalah untuk membantu proses pembakaran lemak dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jadi meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit, jamu sebagai sumber mikronutrien dapat membantu menurunkan berat badan. Namun perlu diperhatikan meski sudah mengkonsumsi secara rutin sumber mikronutrien bagi tubuh, kunci utama menurunkan berat badan tetap ada pada pola makan yang sehat dan teratur.

BACA JUGA:Mampu Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Diabetes, Inilah 9 Makanan Sumber Vitamin D

Bahan herbal lain yang bagus untuk membantu pembakaran lemak adalah teh herbal. Beberapa jenis teh herbal memiliki zat yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Yang cukup terkenal khasiatnya sebagai minuman saat diet adalah teh hijau, dan teh olong.

Dalam teh herbal mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan produksi enzim yang membantu proses pembakaran lemak. Sehingga proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: