Jawab Tantangan Zaman, ITSNU Pekalongan Latih dan Dampingi Lembaga Sosial Manfaatkan Aplikasi Digital

Jawab Tantangan Zaman, ITSNU Pekalongan Latih dan Dampingi Lembaga Sosial Manfaatkan Aplikasi Digital

Jajaran civitas akademika ITSNU Pekalongan bersama perwakilan yayasan-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN - Menjawab tantangan zaman di era 4.0 dan society 5.0, ITSNU Pekalongan melakukan pengabdian masyarakat kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA) yayasan Bangun Pemuda Indonesia. Pengabdian masyarakat kali ini difokuskan untuk pembenahan fundrising serta manajemen LKSA Yayasan Bangun Pemuda dengan memanfaatkan kemajuan dunia digital untuk memudahkan dan lebih mengefisienkan waktu dalam mengelola dan menyalurkan dengan tema Penerapan Digital Marketing Dan Online Payment Pada Website Untuk Peningkatan Pendapatan Yayasan Filantropi Kabupaten Batang.   

Kegiatan yang dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2023 ini memiliki beberapa materi, diantara materi yang diberikan adalah Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing melalui Aplikasi Crowdfunding, Program ini dipandu oleh Risal Ngizudin, S.T., M.Eng seorang dosen dari Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan. Pada sesi ini, peserta diberikan pengetahun terkait pengertian dan manfaat aplikasi crowdfunding. Kemudian dilakukan praktik terhadap pembuatan akun dan campaign untuk membuka donasi selama 30 hari secara online. Untuk aplikasi crowdfunding yang digunakan pada pelatihan ini adalah Kita Bisa. 

BACA JUGA:MAN 1 Kota Pekalongan Laksanakan Kegiatan P5 P2RA

Aplikasi Kita Bisa salah satu aplikasi crowdfunding untuk mengumpulkan donasi sosial yang sudah terkenal dan lebih fleksibel karena dapat digunakan pada paltform andorid yang tersedia di playstore maupun lewat website. 

"Tujuan dari penggunaan aplikasi ini agar dapat meningkatkan jumlah donasi YPBI sehingga kegiatan sosial yang diberikan kepada masyarakat lebih maksimal," ungkap Risal Ngizudin.

Sementara itu, untuk materi ke dua yaitu Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing melalui Aplikasi Whatsapp Blast yang dipresentasikan oleh dosen ITSNU Pekalongan Mujibul Hakim, S.Kom, M.M. Ia memaparkan terkait digital marketing menggunakan aplikasi whatsapp blast. Dalam sesi ini, peserta diberikan pemahaman terkait salah satu teknik digital marketing yang dapat mencakup banyak pelanggan yaitu penggunaan whatsapp blast. 

Aplikasi ini memberikan kemudahan dari para pengurus YBPI untuk dapat memberikan informasi terkait kegiatan sosial yang telah dilaksanakan atau yang akan dilakukan kedepan secara singkat, cepat dan mencakup banyak orang. 

BACA JUGA:Raih Ragam Prestasi, SMAN 1 Kedungwuni Kembali Torehkan Prestasi Juara 1 Lomba Duta Anti Stunting

"Pada sesi kali ini kita juga memberikan perangkat pendukung yaitu sebuah laptop untuk mendukung operasional kegiatan YBPI karena pada penggunaan aplikasi ini membutuhkan perangkat pendukung seperti laptop atau komputer," imbuh Mujibul Hakim.

Selanjutnya , untuk materi ketiga yaitu Integrasi Online Payment melalui website resmi YBPI

Pada sesi ini, dilakukan implementasi integrasi online payment melalui website resmi YBPI oleh Abdul Razak Naufal, S.HI., M.Kom seorang praktisi di bidang Information and Communication Technology (ICT).

 Pelatihan ini memberikan informasi dan pengetahun baru terkait donasi online yang dapat disalurkan melalui website resmi YBPI. Donasi tersebut dapat dibayarkan melalui e-payment seperti Gopay, OVO, Virtual Account dari berbagai Bank seperti BNI, Mandiri, BRI dan lain sebagainya. Hal tersebut meningkatkan layanan kepada para donatur yang selama ini masih menggunakan media transfer Bank maupun secara cash kepada para pengurus YBPI.

Selain itu integrasi sistem ini memberikan poin penting dalam digitalisasi yayasan bangun pemuda indonesia untuk meningkatkan pelayanan kepada para donatur maupun meningkatkan donasi untuk pelayanan kepada masyarakat. 

Ditambahkan, dari pemangku kepentingan YBPI yaitu Bapak Caca Saifullah, S.Sos sebagai Ketua yayasan dan AS Saeful Husna, S.Sos., M.Pd sebagai Ketua dibidang pendidikan sekaligus mediator dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menyampaikan apresiasi serta rasa terimakasih kepada jajaran ITSNU Pekalongan yang telah membantu dalam memberikan pelatihan dan bimbingan terkait aplikasi yang berbasis teknologi untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta sarana dalam peningkatan layanan dan pendapatan yayasan bangun pemuda indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: