Tinggalkan Sekarang Juga, Inilah 4 Perbuatan yang Menghambat Datangnya Rezeki, Muslim Harus Waspada!

Tinggalkan Sekarang Juga, Inilah 4 Perbuatan yang Menghambat Datangnya Rezeki, Muslim Harus Waspada!

Tinggalkan Sekarang Juga, Inilah 4 Perbuatan yang Menghambat Datangnya Rezeki, Muslim Harus Waspada!--Freepik

BACA JUGA:Buktikan Sekarang Juga, Inilah 4 Amalan Sederhana di Pagi Hari yang Ampuh Datangkan Rezeki

2. Melalaikan Sholat

Perbuatan yang menghambat datangnya rezeki seseorang yang selanjutnya yaitu dengan melalaikan sholat. Hal tersebut dikarenakan, sholat merupakan tiang agama dan salah satu ibadah wajib dalam Islam.

Bahkan, Syekh az-Zarnuji melalui kitab Ta'lim al-Muta'allim menjelaskan bahwa orang-orang yang melalaikan dan meninggalkan sholatnya secara tidak langsung juga menghambat rezekinya.

3. Tidur Pagi

Perbuatan yang menghambat datangnya rezeki seseorang yang berikutnya yaitu selalu tidur pada pagi hari. Meskipun terdengar sepele, namun tidur pada waktu pagi hari harus dihindari jika tidak mau kerja keras kalian berujung sia-sia.

Menurut Dedik Kurniawan dalam bukunya yang berjudul Dongkrak Rezeki, tidur pagi sebenarnya dapat menghambat rezeki seseorang. Hal tersebut bahkan sejalan dengan hadits Rasulullah yang berbunyi: "Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki." (HR Ahmad dan Baihaqi).

BACA JUGA:Inilah 7 Ciri-Ciri Istri Pembawa Rezeki Untuk Suaminya Menurut Islam, Apakah Kalian Termasuk?

Lantas, mengapa Rasulullah berkata seperti itu? Hal tersebut dikarenakan, pada saat pagi hari merupakan waktu yang penuh berkah dan pada pagi hari pula Allah SWT membukakan pintu rezeki.

4. Memutus Tali Silaturahmi

Perbuatan yang menghambat datangnya rezeki seseorang yang terakhir yaitu dengan memutus tali silaturahmi. Firdaus Aden menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Bila Rezekimu Sempit, bahwa memutus tali silaturahmi dapat menjadi salah satu faktor terhambatnya rezeki seseorang.

Bahkan, Rasulullah menjelaskan terkait ancaman bagi mereka yang memutus tali silaturahmi dalam haditsnya yang berbunyi: "Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat daripada perbuatan zalim dan memutus tali silaturahmi." (HR Abu Dawud).

Kita sebagai umat manusia sudah seharusnya dan sepantasnya menjaga tali silaturahmi, karena selain dapat menambah ukhuwah islamiyah juga agar rezeki dapat lebih mudah masuk tanpa adanya penghambat dan penghalang.

BACA JUGA:Sering Dianggap Sepele, Inilah 8 Sifat Istri yang Menjadi Penghambat Rezeki Dalam Rumah Tangga

Hal tersebut juga dikatakan oleh Rasulullah dalam haditsnya yang berbunyi: "Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan tali silaturahmi." (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: