5 Cara Mudah Agar Bisa Menanam Lavender, Dijamin Tidur Pulas dengan Meletakkan Tanaman Ini

5 Cara Mudah Agar Bisa Menanam Lavender, Dijamin Tidur Pulas dengan Meletakkan Tanaman Ini

cara mudah agar bisa menanam lavender-Instagram-mfatoniaasyhari

Baiknya, kamu gunakan pot untuk wadah media tanam atau bisa kamu gunakan polybag yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya.

Kemudian, kamu bisa gunakan styrofom sebagai alas media tanam dengan ketebalan sekitar 5 cm. Terkait media tanamnya terdiri dari campuran tanah, pupuk kompos serta pasir dengan perbandingan 1:1:1.

Jika diperlukan, bisa gunakan batu pasir putih untuk tambahan media tanam levender. Dipercaya cara ini ampuh untuk proses pertumbuhan lavender agar cepat berbunga dan tumbuh subur.

3. Penyemaian Bibit Lavender

Proses berikut di dalam penanam lavender adalah penyemaian bibit. Kamu perlu lakukan dengan meletakkan gabus sintetis pada bagian bawah pot atau polybag.

Berikutnya, masukkan media tanam dalam pot dan buatlah lubang pada bagian bawahnya. Masukkan bibit di bagian tengah lubang. Lalu, kamu tutup dengan tanah dan siram secukupnya saja.

Baca Juga: Ini Dia, 4 Pohon Bagus yang Ditanam Depan Rumah, Buat Pekaranganmu Lebih Adem dan Kaya Oksigen

Letakkan pot atau polybag yang tadi di area terkena sinar matahari. Kamu juga harus pantau terus berkembangannya. Dijamin, proses itu adalah langkah untuk menuju pertumbuhan lavender agar cepat tumbuh.

4. Pemindahan Bibit

Jika kalian sudah melakukan penyemaian, kemudian lakukan proses pemindahan bibit. Ketika usia lavender sekitar 1 bulan dan tinggi 15 cm, maka bibit lavender siap kamu pindahkan.

Sebelum kamu pindahkan, baiknya siram  dan beri jeda 1 jam sebelumnya. Setelah itu, robek polybag atau belah pot secara perlahan dan kamu angkat bibit itu. Pindahkan bibit ke wadah lebih besar.

Sebisa mungkin pada waktu pemindahan, kamu harus berhati-hati agat pemindahan bibit tidak gagal.

5. Penyiraman

Langkah terakhir cara mudah agar bisa menanam levender dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Siram tanaman lavender yang sudah dipindahkan dengan takaran air secukupnya, tidak boleh kurang dan lebih. Lakukan langkah ini secara berkala. Maka, lavender tumbuh tumbuh dan cepat berbungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: