Baca Ini! Tata Cara Melakukan Puasa Daud, Puasa Sambil Diet Sehat

Baca Ini! Tata Cara Melakukan Puasa Daud, Puasa Sambil Diet Sehat

ilustrasi puasa bersama dengan keluarga-Image by rawpixel.com on Freepik-

RADARPEKALONGAN - Tata cara melakukan puasa Daud perlu diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan puasanya. Melalui artikel ini akan dibahas dengan seksama mengenai hal tersebut. Berikut penjelasanya untuk Anda.

Puasa sunah memang ada berbagai macam jenisnya, mulai dari puasa sunah Senin-Kamis, puasa sunah 10 hari di Bulan Syawal, puasa Arafah, puasa Tarwiyah, puasa Daud dan masih banyak lagi.

Puasa Daud sendiri merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan oleh islam. Puasa Daud dilakukan dengan berpuasa selang seling. Artinya dalam satu hari berpuasa dan satu hari tidak puasa, begitu seterusnya.

Meskipun demikian, perlu mengetahui hari-hari yang diharamkan untuk melakukan puasa Daud. Hari-hari yang diharamkan untuk melakukan puasa Daud yaitu pada Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha,dan Hari Tasyik. 

Oleh sebab itu, pada hari-hari tersebut tidak boleh melakukan puasa Daud ataupun melakukan puasa sunah lainya. Puasa Daud bisa kembali dilakukan pada hari selain hari-hari tersebut.

BACA JUGA:Segudang Manfaat Diet dengan Puasa Daud untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Untuk melakukan puasa Daud perlu mengetahaui terlebih dahulu mengenai tata cara melakukan puasa Daud. Berikut adalah beberapa tata caranya :

1. Membaca Niat

Untuk melakukan puasa Daud, wajib melakukan niat puasa terlebih dahulu. Niat puasa Daud sendiri dianjurkan pada malam hari atau sebelum terbitnya fajar. Berikut niat untuk melakukan puasa Daud:

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Atau bisa dibaca dengan "Nawaitu Shouma Daawuda Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa". Niat puasa tersebut memiliki arti bahwa " saya niat puasa sunnah Daud, karena Allah SWT". 

2. Melakukan Sahur di Akhir Waktu

Untuk melakukan puasa Daud, maka disunnahkan untuk melakukan sahur di akhir waktu. Hal ini sama seperti melakukan berbagai jenis puasa lainya. Waktu sahur sendiri dilakukan sebelum adzan subuh.

Selain itu, dengan melakukan sahur maka tubuh akan mendapatkan cukup asupan energi, sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas seharian. Tanpa melakukan sahur, tidak akan mendapatkan asupan energi yang cukup, sehingga tubuh akan lemas pada siang hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: