Pentingnya Memperhatikan Asupan Gizi saat Diet! Ini 5 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Menu Dietmu

Pentingnya Memperhatikan Asupan Gizi saat Diet! Ini 5 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Menu Dietmu

Ilustrasi memnuhi kebutuhan nutrisi saat diet yang bagus untukkesehatan tubuh.-jcomp/Freepik.com -

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi baik yang termasuk makronutrien atau mikronutrien adalah didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Maka penting sekali untuk memulai menerapkan pola makan sehat agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik.

Berikut beberapa daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan manfaatnya bagi tubuh.

1. Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Pada umumnya yang sering kita temui adalah konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih roti tawar putih dan berbagai jenis makanan yang mengandung gula.

Kandungan karbohidrat sederhana ini tidak bagus dikonsumsi berlebihan bagi tubuh, karena akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh, maka justru perlu dikurangi.

Solusinya untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Diantara keutamaan karbohidrat kompleks adalah mengandung lebih sedikit gula dan lebih tinggi serat.

Jadi kamu bisa mulai mengganti konsumsi karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks yang biasanya bisa ditemui pada olahan gandum, sayuran, kentang, dan ubi jalar.

2. Protein

Fungsi protein juga sebagai sumber energi bagi tubuh. Yang mana kandungan protein ini sangat berpengaruh pada proses metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi protein yang cukup dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh, menjaga imunitas tubuh, dan membantu tubuh dalam merecovery dirinya sendiri ketika ada kerusakan.

Bahan makanannya mengandung tinggi protein seperti pada daging-dagingan, putih telur, kacang-kacangan, ikan, kedelai, dan olahan susu.

3. Lemak

Sekilas mungkin lemak menjadi makanan yang harus dihindari karena meningkatkan obesitas. Padahal lemak juga berfungsi penting bagi tubuh untuk menjaga jaringan dan sel tubuh, memproduksi hormon tubuh, juga sebagai sumber energi.

Tapi perlu diketahui bahwa lemak juga terbagi menjadi dua yaitu lemak baik dan lemak jenuh. Yang perlu dihindari adalah lemak jenuh, karena tidak sehat bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: