Pentingnya Memperhatikan Asupan Gizi saat Diet! Ini 5 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Menu Dietmu

Pentingnya Memperhatikan Asupan Gizi saat Diet! Ini 5 Kandungan Nutrisi yang Harus Ada di Menu Dietmu

Ilustrasi memnuhi kebutuhan nutrisi saat diet yang bagus untukkesehatan tubuh.-jcomp/Freepik.com -

Biasanya banyak ditemukan pada makanan cepat saji, makanan berminyak, dan makanan dengan pemanis buatan.

Mulailah cukupi kebutuhan lemak harian yang bersumber dari kandungan lemak baik. Biasanya terdapat pada ikan, minyak kelapa atau minyak zaitun. 

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral termasuk ke dalam mikronutrien. Meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit namun fungsinya sangat penting dalam membantu kinerja organ tubuh.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A,B,C,D,E, dan K.

Sedangkan untuk kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi organ dengan baik seperti kalsium, zat besi,  kalium, dan zinc.

5. Air

Seperti kita ketahui air merupakan salah satu unsur penting yang menyusun tubuh manusia. Manusia mungkin bisa bertahan lebih lama tanpa makanan, namun tidak dengan air.

Fungsi air di sini adalah sebagai cairan yang dibutuhkan untuk menghidrasi tubuh. Selain itu kebutuhan air yang tercukupi dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh dan kinerja otak dengan baik.

BACA JUGA:Agar Dietmu Tidak Sia-sia, Ketahui dulu 3 Macam Program Diet Sehat Berikut Ini sesuai Kebutuhan Kalorimu

Air juga dapat mengenyangkan perut lebih lama sehingga membantu proses penurunan berat badan. Selain dari air minum kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dari kandungan air yang ada pada sayuran dan buah-buahan.

Semua kandungan nutrisi di atas akan saling melengkapi untuk menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik. Maka kamu bisa mulai memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat.

Jika sedang dalam program diet perhatikan juga asupan kalori yang masuk. Selain itu imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: