9 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Diet DASH, Diet yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

9 Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Diet DASH, Diet yang Dianjurkan Bagi Penderita Hipertensi

makanan penurun darah tinggi-freepik.com-freepik.com

Makanan penurun darah tinggi yang satu ini selain mengandung omega-3, juga memiliki kandungan seperti peptida, serat, lignan, dan asam alfa linolenik. Nah semua kandungan tersebut berguna untuk menstabilkan tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:Sumber Protein Tetap Terpenuhi, Inilah 7 Makanan Diet Pengganti Daging yang Aman Dikonsumsi

BACA JUGA:5 Tips Kurus dalam Satu Minggu Menurut Ade Rai, Bisa Kamu Coba Nih Diet yang Satu Ini

7. Buah berries

Tahukah kamu buah dari jenis berri, mulai dari strawberry, blueberry dan rasberry adalah buah yang bisa menangkal adanya gejala hipertensi. Hal ini karena di dalam buah berries tadi terdapat senyawa flavonoid secara efektif mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Brokoli

Sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan-kandungan tadi mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan menjauhkan adanya kemungkinan penyakit kardiovaskular dan stroke.

Selain itu membantu menjaga kondisi arteri, sehingga aliran darah tetap lancara dan membuat risiko darah tinggi menurun. 

9. Semangka 

Buah menyegarkan yang satu ini dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kareana semangka ini memiliki kandungan asam amino sitrulin yang ampuh untuk menstabilkan tekanan darah.

Pada sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak semangka maka akan terjadi penurunan tekanan darah, khusunya pada bagian pergelangan kaki pembuluh darah yang ada pada lengan. 

Nah itulah tadi beberapa makanan penurun darah tinggi untuk Diet DASH. Meski nantinya kamu sudah mulai mengatur pola makan menjadi lebih baik lagi, tapi jangan sampai lengah untuk tetap makan-makan yang bergizi seimbang. 

Untuk kalian yang memiliki riwayat hipertensi ini juga bisa rutin memeriksakan tekanan darah kalian ke dokter dan minta didampingi untuk mengurangi risiko hipertensi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: