Awas Inilah Beberapa Kebiasaan Penyebab Mobil Matic Cepat Rusak, Hindari Mulai Sekarang!

Awas Inilah Beberapa Kebiasaan Penyebab Mobil Matic Cepat Rusak, Hindari Mulai Sekarang!

penyebab mobil matic cepat rusak --Instagram

RADARPEKALONGAN – Ternyata selain komponen yang sudah mulai berumur, penyebab mobil matic cepat rusak bisa juga disebabkan karena kebiasaan pemiliknya.

Saat ini banyak konsumen di Tanah Air lebih tertarik dengan mobil transmisi matic, hal ini karena mobil matic menawarkan kemudahan dalam berkendara, sebab pengemudi tidak perlu repot-repot memindahkan tuas transmisinya.

Namun karena hal tersebut, tak jarang juga ada konsumen yang meremehkan cara penggunaannya, sebab dibalik kepraktisannya, pemilik mobil matic selalu dihantui biaya perbaikan yang tidak murah.

Oleh karena itu, jika kamu baru memiliki mobil matic, kamu harus tahu sebenarnya apa saja sih penyebab mobil matic cepat rusak, terutama karena kebiasaan pengemudi.

BACA JUGA: Cocok Untuk Pasar, Inilah Mobil Matic Bekas Murah untuk Wanita, Yakin Gak Tertarik?

BACA JUGA: Mengenal Arti Kode Persneling Mobil Matic Honda Brio yang Simpel

Terlalu lama berhenti di posisi D

Penyebab mobil matic cepat rusak yang pertama karena, pengemudi terlalu lama berhenti di transmisi posisi D, pada posisi transmisi D mobil matic dibuat untuk berkendara bahkan ketika pedal gas belum diinjak.

Kemudian ketika tuas berada di posisi D, ada juga potensi kelengahan pengemudi ketika sedang menahan pedal rem, dan bisa menyebabkan mobil bergerak dan menabrak objek didepannya.

BACA JUGA: 4 Perbedaan Mobil Matic dan Manual yang Penting Diketahui Pemula

BACA JUGA: Sudah Terbukti dan Teruji, Inilah Mobil Matic Paling Bandel, Yakin Gak Tertarik?

Langsung tancap gas setelah posisi transmisi D

Mungkin pengemudi juga melakukannya secara tidak sadar, mereka sering sekali menancap gas setelah memindahkan tuas transmisi ke posisi D.

Padahal sebenarnya kebiasaan seperti ini sangat tidak disarankan, hal ini karena transmisi matic membutuhkan waktu sesaat setelah tuas dipindahkan.

Waktunya juga tidak lama, hanya membutuhkan jeda 1,5 detik sampai 2 detik saja, sebab jika dipaksakan langsung jalan, maka fungsi pemindah dayanya bisa mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, jangan langsung tancap gas ya guys, kamu harus memberikan waktu selama 2 detik sebelum menginjak gas, setelah memindahkan tuas transmisi pada mobil matic.

BACA JUGA: Kamu Masih Awam Dengar Ini? Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

BACA JUGA: Solusi Budget Pas-Pasan, Inilah Mobil Matic Murah, Harganya Dibawah 100 Juta!

Pindah posisi D ke R tanpa henti

Mungkin cara seperti ini masih beberapa dilakukan pemilik mobil matic, yang tanpa mereka sadari kebiasaan seperti ini juga merusak mobil matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: