Tak Hanya Baik untuk Cegah Sakit Tulang, Ini Dia Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Tak Hanya Baik untuk Cegah Sakit Tulang, Ini Dia Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN - Manfaat vitamin D tidak hanya untuk kesehatan tulang. Lantas apa saja manfaat vitamin D untuk kesehatan?

Kesehatan beberapa organ di dalam tubuh akan lebih maksimal jika kebutuhan vitamin D terpenuhi. Karena vitamin D merupakan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Tidak hanya baik untuk orang tua yang sudah lanjut usia, tapi juga anak-anak dan remaja. Asupan vitamin D yang cukup akan mencegah berbagai macam penyakit serius.

Oleh karena itu, kamu harus selalu mencukupi kebutuhan vitamin D setiap harinya. Meskipun secara umum, vitamin D bersifat unik karena merupakan hormon pro. Sehingga vitamin D hanya bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari di pagi hari.

Bagaimana manfaat vitamin D bagi tubuh selain dapat mencegah osteoporosis? Berikut penjelasan mengenai vitamin D yang dapat mencegah berbagai macam penyakit.

BACA JUGA:Tinggi Vitamin D, Inilah 7 Rekomendasi Susu Lansia untuk Tulang Keropos dan Terasa Nyeri

BACA JUGA:Tinggi Vitamin D, 10 Makanan Pencegah Nyeri Tulang untuk Lansia Agar Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari

1. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Manfaat vitamin D yang didapat dari mengonsumsi makanan, ternyata dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Terutama kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

Vitamin D mengandung hormon aktif yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Secara umum, hormon vitamin D caltriol dapat membunuh sel kanker.

Sehingga pertumbuhan dan perkembangan sel kanker yang akan menyebabkan gangguan kesehatan dapat dicegah terlebih dahulu. Sehingga resiko terkena kanker dapat dicegah sejak dini.

Cara kerjanya mengurangi percepatan pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah pada jaringan kanker. Sehingga sel kanker dapat dihentikan sebelum menyebar.

2. Mendukung Pertumbuhan Janin

Asupan vitamin D pada ibu hamil akan mendukung tumbuh kembang janin. Terutama pertumbuhan gigi dan tulang janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: