Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Resmikan Rice Mill dan Lumbung Padi di Desa Sangkanjoyo

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Resmikan Rice Mill dan Lumbung Padi di Desa Sangkanjoyo

--

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meresmikan rice mill dan Lumbung Padi Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen, Selasa (7/11/2023). Selain meresmikan, Bupati didampingi suami Ashraf Abu juga menyalurkan bantuan kepada warga sekitar. 

Peresmian rice mill listrik, lumbung padi dan gedung serbaguna tersebut milik Kelompok Tani ''Rukun Karya'' Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen merupakan bantuan pertanian program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT PLN. Adapun peresmian ditandai dengan pemotongan pita pada pintu masuk bangunan rice mill dilanjutkan dengan menekan tombol rice mill listrik. 

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan terimakasih kepada PLN di wilayah Kabupaten Pekalongan yang selalu peduli dengan kondisi petani. Karena sebelumnya telah memberikan bantuan kepada warga Desa Sangkanjoyo berupa mesin pompa air tenaga listrik. 

Tujuannya adalah agar semua kelompok tani di desa itu bisa secara maksimal dalam merawat tanaman padi yang dijadikan andalan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Dengan adanya bantuan kembali berupa lumbung desa dan riee mill listrik, harapannya kehidupan masyarakat sekitar semakin sejahtera.

''Jika tidak ada lumbung padi dan tempat pengolahannya, maka para petani bakal terburu buru untuk menjual panen padinya kepada orang lain dan harganya pun murah,'' terang Fadia.

Dengan negotu, tentu saja sangat merugikan lantaran penjualan hasil panen seperti itu belum tentu menguntungkan. Tapi sebaliknya malahan merugi yakni biaya produktifitas menanam padi tidak tertutup. Kalau seperti itu terus meerus maka kondisi ekonomi para petani tidak akan meningkat dan menjadi terpuruk.

Oleh karenanya dia berpesan kepada seluruh anggota Kelompok Tani ''Rukun Karya'' dan warga Desa Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen supaya memanfaatkan dua fasilitas tersebut dengan baik. 

Mereka bisa memanen hasil tanamanya apabila memang sudah waktunya dipanen. Namun demikian, mereka jangan terburu buru menjual hasil panennya karena harus melihat situasi harga padi saat itu.

''Jangan sampai para petani kita dimanfaatkan oleh oknum oknum tertentu untuk mencari keuntungan sendiri,'' kata Bupati.

Untuk itu, petani Desa Sangkanjoyo setiap hari harus bekerja keras, tapi malahan oang lain yang hanya melihat mendapat keeuntungan. Bupati tak ingin hal itu terjadi pada warganya sehingga sekali lagi berharap dan meminta supaya lumbung padi, rice mill litrik, dan alat pengolahan lainnya agar bisa dimanfaatkan sebaik baiknya.

Sementara Kades Sangkanjoyo, Kecamatan Kajen, Rudi Hartono menyampaikan banyak terimakasih pada PLN yang telah memberikan bantuan. Dengan begitu petani tidak usah jauh jauh untuk menggiling padi. 

"Bantuan ini banyak manfaatnya, semoga kedepan bisa meningkatkan dan memotivasi petani dalam mengolah sawahnya," imbuhnya.

Adapun dalam peresmian dihadiri langsung OPD terkait, Pejabat PLN, forkopimcam Kajen, Kades se Kecamatan Kajen, petani dan tamu undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: