Wajib Dicegah Selagi Mampu, Berikut Ini Penyakit yang Sering Terjadi pada Lansia

Wajib Dicegah Selagi Mampu, Berikut Ini Penyakit yang Sering Terjadi pada Lansia

Penyakit yang Sering Terjadi Pada Lansia--freepik.com/freepik

Seiring bertambahnya usia, gejala artritis akan semakin memburuk. Penting bagi lansia untuk melakukan olahraga secara teratur dan menjaga berat badan pada lansia agar kondisi ini tidak semakin parah. Jika sudah merasa nyeri, sebaiknya beristirahat dan hindari banyak aktivitas.

7. Osteoporosis

Salah satu gangguan muskuloskeletal ini sering dianggap sebagai penyakit orang tua karena memang banyak terjadi pada lansia.

Osteoporosis atau disebut juga dengan pengeroposan tulang, dengan tanda-tanda berkurangnya massa tulang. Kondisi ini sering kali menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Meski begitu, kondisi ini bukanlah bagian dari proses penuaan, karena tidak semua orang mengalaminya saat memasuki usia lanjut.

Namun, lansia yang mengalami osteopenia lebih rentan mengalami kondisi ini. Tidak hanya itu, manula yang kekurangan asupan vitamin D juga berpotensi mengalami patah tulang.

8. Infeksi saluran kemih

Sebuah studi tahun 2014 menyatakan bahwa infeksi saluran kemih adalah penyakit yang umum terjadi pada lansia. Penyebab infeksi ini adalah bakteri dalam kandung kemih atau ginjal yang berkembang biak dalam urin. Jika berlarut-larut, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Kondisi ini lebih rentan terjadi pada lansia dengan kondisi tubuh lansia yang sudah lemah. Biasanya, infeksi saluran kemih meningkatkan risiko kematian pada lansia. Oleh karena itu, jika orang tua yang sudah lanjut usia menunjukkan gejala-gejala kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter.

9. Inkontinensia urin

Inkontinensia urin adalah kondisi di mana seorang lansia tidak sengaja buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya.

Ada dua jenis inkontinensia urin yang umum terjadi pada lansia, yaitu mengompol karena tekanan dan ketidakmampuan menahan buang air kecil.

Meskipun kondisi ini dapat terjadi pada pria dan wanita, inkontinensia urin lebih sering terjadi pada wanita.

Perawatan untuk kondisi ini sebenarnya tergantung pada tingkat keparahannya. Mulai dari perubahan gaya hidup, hingga pengobatan dan pembedahan dengan berkonsultasi dengan dokter.

10. Penyakit ginjal kronis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: