Wajib Dicegah Selagi Mampu, Berikut Ini Penyakit yang Sering Terjadi pada Lansia

Wajib Dicegah Selagi Mampu, Berikut Ini Penyakit yang Sering Terjadi pada Lansia

Penyakit yang Sering Terjadi Pada Lansia--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN - Berikut ini merupakan penyakit yang sering terjadi pada lansia yang bisa disebabaan oleh banyak hal yang paling utama adalah faktor usia.

Semakin tua usia, maka semakin besar pula risiko terkena penyakit. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, fungsi tubuhmu semakin menurun, sehingga kamu rentan terserang berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:Cegah Tulang Keropos, 5 Manfaat Minum Susu Sapi Murni Rendah Lemak Bagi Lansia

Berikut beberapa penyakit yang sering terjadi pada lansia:

1. Malnutrisi

Malnutrisi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada lansia. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika lansia memasuki usia 65 tahun ke atas.

Namun, kondisi ini sering kali luput dari perhatian sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain seperti sistem kekebalan tubuh dan otot yang melemah.

Selain itu, penyebab malnutrisi juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya, seperti demensia, depresi, pantangan makan makanan tertentu, berkurangnya interaksi sosial, dan berkurangnya pendapatan.

Menerapkan pola makan sehat untuk lansia dapat membantu mengatasi kondisi ini.

2. Kehilangan kemampuan mendengar

Kehilangan pendengaran juga merupakan kondisi yang umum terjadi pada lansia. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika memasuki usia 70 tahun ke atas. Namun, banyak juga lansia yang sudah mengalaminya sejak usia 50 tahun.

Sebagian besar penyebab lansia mengalami kondisi ini seiring bertambahnya usia adalah presbikusis.

Namun, diagnosis dokter diperlukan untuk menentukan apakah seorang lansia mengalami kondisi ini atau tidak. Untuk mengatasi kondisi ini, alat bantu dengar dapat digunakan sesuai dengan saran dokter.

3. Masalah kesehatan gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: