5 Pembatal Wudhu Berdasarkan Alquran dan Sunnah, Perhatikan Baik-baik! Jangan Sampai Shalatnya Tidak Sah

5 Pembatal Wudhu Berdasarkan Alquran dan Sunnah, Perhatikan Baik-baik! Jangan Sampai Shalatnya Tidak Sah

Ilustrasi wudhu.-Tangkapan layar freepik.com-

Ibnu Abbas mengatakan mengenai mani, madzi dan wadi. Adapun mani, maka diharuskan untuk mandi. Sedangkan wadi dan madzi, Ibnu Abbas mengatakan, "Cucilah kemaluanmu, lantas berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk shalat".

Baca juga:Yakin Wudhu Sudah Benar?, Perhatikan 5 Hal Ini saat Wudhu agar Sesuai Sunnah Nabi

3. Tidur lelap

Tidur lelap membatalkan wudhu. Yakni tidur yang ia tidak lagi mendengar suara, atau tidak merasakan lagi sesuatu jatuh dari tangannya, atau tidak merasakan air liur yang menetes. 

Sedangkan tidur yang hanya sesaat, mengantuk, sehingga masih sadar dan merasakan apa-apa, maka tidur semacam ini tidak membatalkan wudhu. 

Di antara dalilnya, hadits dari Anas bin Malik, "Ketika shalat hendak ditegakkan, Nabi shallallahu alaihi wa sallam berbisik-bisik dengan seseorang. Beliau terus berbisik-bisik dengannya hingga para sahabat tertidur. Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam pun datang dan shalat bersama mereka."

Qotadah mengatakan bahwa ia pernah mendengar Anas berkata, "Para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah ketiduran kemudian mereka pun melakukan shalat, tanpa berwudhu lagi." Ada yang mengatakan, "Benarkah engkau mendengar hal ini dari Anas?" Qotadah, "Iya betul. Demi Allah."

Baca juga:Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur, Jangan Dianggap Remeh! Ada Malaikat Yang Mendoakan Ampunan

4. Hilangnya akal

Para ulama sepakat, hilang akal karena mabuk, pingsan dan gila membatalkan wudhu. Kondisi itu lebih parah dari tidur.

5. Memakan daging unta

Makan daging unta bisa membatalkan wudhu. Ini berdasarkan hadist dari Jabir bin Samuroh,

"Ada seseorang bertanya pada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, "Apakah aku harus berwudhu setelah memakan daging kambing?" Beliau bersabda,"Jika engkau mau, berwudhulah. Namun jika enggan, maka tidak mengapa engkau tidak berwudhu." Orang tadi bertanya lagi,"Apakah seseorang harus berwudhu setelah memakan daging unta?" Beliau bersabda, "Iya, engkau harus berwudhu setelah memakan daging unta."

Itulah lima pembatal wudhu berdasatkan Alquran dan sunnah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: