Inilah 6 Obat Rumahan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Efektif, Nomor 3 Tersedia di Dapurmu

Inilah 6 Obat Rumahan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Efektif, Nomor 3 Tersedia di Dapurmu

Obat Rumahan Penurun Kolesterol Tinggi--freepik.com/jcomp

Teh hijau memiliki konsentrasi polifenol tertinggi yang tidak hanya menurunkan kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kolesterol baik.

Sebuah penelitian berbasis populasi menunjukkan bahwa pria yang minum teh hijau memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol teh dapat menghalangi penyerapan kolesterol dalam usus dan membantu membuangnya. Kamu hanya membutuhkan 2-3 cangkir teh hijau.

3. Bawang Putih

Obat rumahan penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah bawang putih. Dibawang putih terdapat asam amino, vitamin, mineral, dan juga senyawa organosulfur seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide.

Senyawa belerang ini diketahui sebagai bahan yang memberikan sifat terapeutik pada bawang putih. Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan bahwa bawang putih efektif untuk menurunkan kolesterol dan kolesterol jahat secara signifikan.

Bukti pengaruhnya terhadap kolesterol baik masih simpang siur, sementara satu studi melaporkan peningkatan kadar kolesterol baik, studi lainnya tidak menunjukkan pengaruhnya. 

Bawang putih juga telah ditemukan memiliki efek positif pada tekanan darah dan potensi antioksidan darah. Mengkonsumsi 1/2 hingga 1 siung bawang putih setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol hingga 9%.

BACA JUGA:2 Buah Penurun Kolesterol yang Disebutkan dalam Al-Quran, Wajib Dicoba Manfaatnya

BACA JUGA:15 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

4. Psyllium

Pada tahun 1998, FDA AS menyetujui klaim kesehatan pada Psyllium. Dimana 3 sampai 12 gram serat larut dari psyllium husk ketika dimasukkan sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Psyllium berasal dari tanaman plantago ovata dan merupakan sumber yang kaya akan serat larut. Ada banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat serat larut untuk menurunkan kolesterol jahat.

Menambahkan 1-2 sendok teh psyllium ke dalam menu makanan sehari-hari dapat menyumbang serat larut yang dibutuhkan untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

5. Fenugreek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: