Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat! Inilah Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi, Efektif dan Mudah

Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat! Inilah Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi, Efektif dan Mudah

buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi--freepik.com/kamranaydinov

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kamu bisa mengonsumsi buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi. Apa saja buah penurun kolesterol yang ampuh? Simak jawabannya di sini.

Kolesterol tinggi dalam darah dapat meningkat karena konsumsi makanan tertentu. Namun, ada juga makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol, seperti buah-buahan. 

Ada beberapa pilihan buah penurun kolesterol tinggi. Buah-buahan merupakan serat larut yang dapat mengikat asam dalam empedu.

Kandungan ini dapat mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. 

BACA JUGA:Ternyata Inilah 4 Bumbu Dapur yang Ampuh Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, Kamu Wajib Coba!

BACA JUGA:Dijamin Ampuh! Inilah 7 Resep Jamu Kunyit untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Berbagai buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi

1. Jeruk Bali

Buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi pertama adalah jeruk bali.

Sebuah penelitian menemukan bahwa terjadi penurunan tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat secara signifikan pada orang yang mengonsumsi jeruk bali 3 kali sehari selama 6 minggu. 

Hal ini dikarenakan jeruk bali mengandung serat larut pektin. Serat ini diketahui mampu menghambat penyerapan kolesterol. 

Kandungan serat per 100 gram jeruk bali adalah 1,6 gram. Kandungan serat yang cukup tinggi ini membuat jeruk bali termasuk ke dalam salah satu jenis buah penurun kolesterol.

Jeruk bali mengandung flavonoid naringenin yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan mencegah penumpukan plak kolesterol di dalam darah. 

Namun demikian, berhati-hatilah saat mengonsumsinya. Jeruk bali mampu memperkuat efek beberapa obat, seperti obat penurun tekanan darah dan statin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: