Inilah 6 Cara Sederhana untuk Mencegah Osteoporosis Tulang, Ampuh Jaga Kesehatan Tulang

Inilah 6 Cara Sederhana untuk Mencegah Osteoporosis Tulang, Ampuh Jaga Kesehatan Tulang

cara sederhana untuk mencegah osteoporosis--freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini cara sederhana untuk mencegah osteoporosis tulang yang dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Setiap tanggal 20 Oktober diperingati Hari Osteoporosis Sedunia. Hari Osteoporosis ini mengingatkan kita untuk memperhatikan kesehatan tulang, diagnosis, dan pengobatan osteoporosis.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang memiliki ciri khas berupa rendahnya massa tulang yang disertai dengan mikroarsitektur tulang dan menurunnya kualitas jaringan tulang yang dapat menyebabkan kerapuhan tulang.

Osteoporosis biasanya dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut. Namun, pada kenyataannya, osteoporosis juga dapat menyerang usia paruh baya. 

Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh osteoporosis antara lain adalah rasa sakit dan nyeri pada punggung penderita. Tulang yang rapuh dan keropos dapat menyebabkan cedera saat melakukan berbagai aktivitas.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, dari sekitar 200 juta penderita osteoporosis yang berusia di atas 50 tahun, 32,8 persen di antaranya adalah wanita dan 28,3 persen sisanya adalah pria.

Data tersebut menunjukkan bahwa osteoporosis lebih sering terjadi pada wanita.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya struktur tulang dan kadar hormon estrogen saat wanita memasuki masa menopause, kehamilan, dan menyusui.

BACA JUGA:Inilah 5 Susu Tinggi Kalsium untuk Osteoporosis agar Tubuh Tidak Bungkuk

BACA JUGA:Rekomendasi Susu untuk Cegah Osteoporosis Terbaik yang Tidak Boleh Dilewatkan

Mengingat osteoporosis tidak hanya diderita oleh orang tua, maka kita harus menjaga kesehatan tulang.

Beberapa cara sederhana untuk menghindari osteoporosis adalah sebagai berikut:

Asupan Kalsium 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi dapat menjaga kesehatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: