Dorong Peningkatan IPM, Dharma Wanita Kabupaten Batang Diminta Bantu Kualitas Pendidikan dari Tingkat Keluarga

Dorong Peningkatan IPM, Dharma Wanita Kabupaten Batang Diminta Bantu Kualitas Pendidikan dari Tingkat Keluarga

BERIKAN - Pemberian bantuan APE saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (7/12/2023)-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pj Sekda Batang, Ari Yudianto menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang pada tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi 70,2. Meski begitu, menerutnya Batang masih perlu untuk mendorong kualitas pendidikan. Dimana saat ini Batang masih memiliki permasalahan pada rata-rata tamat sekolah.

Hal ini ia sampaiakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan di Aula Kantor Bupati Batang, Kamis (7/12/2023). Ari juga meminta peran serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Batang, untuk mendorong kualitas pendidikan dari rumah. 

"Alhamdulillah IPM kita yang selama beberapa tahun ke belakang stuck di angka 68 - 69,  di 2023 sudah tembus di 70,2 artinya ada peningkatan. Tapi  permasalahan di kita adalah rata-rata tamat sekolah ya, yang mana masih di SMP, disinilah perlu adanya edukasi dan sosialisasi, termasuk kesadaran dari keluarga, karena utamanya adalah support dari keluarga," ujarnya.

Ari yakin melalui peran keluarga, khususnya dari dukungan Dharma Wanita, kualitas pendidikan di Kabupaten Batang bisa semakin meningkat. Sehingga diharapkan nantinya bisa membangun keberlanjutan Batang. 

Terpisah, Ketua DWP Kabupaten Batang, Yustika Handy Hakim siap mengawal Kabupaten Batang dalam peningkatan IPM. Oleh karenaya, dalam peringatan HUT kali ini, pihaknya juga turut memberikan bantuan Alat Permaianan Edukatif untuk lembaga TK di bawah naungan DWP Kabupaten batang, di Kecamatan Gringsing dan Banyuputih. 

"Untuk peningkatan IPM di Kabupaten Batang cocok dengan program kami di DWP Batang, bidang pendidikan. Kami punya program kerja, untuk memberikan sosialisasi dan edukasi, terutama dalam hal ini parenting untuk keluarga yang tergabung dalam DWP. Salah satunya kami juga wujudkan dalam pemberian APE dalam rangka sarana menstimulasi anak, dan peningkatan ilmu parenting lewat berbagai workshop," imbuhnya. 

Selain itu dalam peringatan ini juga diberikan tali asih kepada para cleaning service yang bekerja di Pemda Batang, serta pemberian juara aneka lomba HUT DWP Kabupaten  Batang. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: