Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad

Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad

Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad-SalingSapa TV-Youtube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam salah satu ceramahnya, Ustadz Abdul Somad memberikan jawabannya terkait apakah makmum harus membaca surat Al Fatihah dalam sholat berjamaah?

Hal tersebut dikarenakan, para ulama menganjurkan agar saat sedang sholat berjamaah, ketika seorang imam membaca surat Al Fatihah secara keras atau jahr, maka makmum sebaiknya mendengarkan.

Namun, yang jadi pertanyaannya adalah ketika imam sudah selesai membaca surat Al Fatihah dan makmum sudah mendengarknnya, apakah makmum wajib untuk membacanya lagi?

Nah, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menyebutkan bahwa, barang siapa yang melaksanakan sholat tapi tidak membaca surat Al Fatihah, maka sholatnya itu kurang sempurna.

BACA JUGA:Jangan Buru-Buru Berdiri Setelah Sholat, Begini Cara Mengamalkan Al Fatihah 41 kali agar Segala Hajat Terkabul

BACA JUGA:Hutang Menumpuk dan Rezeki Seret Apa Solusinya? Ayo Amalkan Surat Al Fatihah dengan Cara Ini, Terbukti Ampuh!

Sedangkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim menyebutkan bahwa, tidak sah sholat seseorang yang tidak membaca Ummul Qur'an atau surat Al Fatihah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di dalam ajaran agama Islam membaca surat Al Fatihah merupakan salah satu rukun sahnya sholat, yang mana surat Al Fatihah harus dibaca di setiap rakaatnya.

Lantas, apakah makmum harus membaca surat Al Fatihah dalam sholat berjamaah? Berikut ini adalah jawaban dari Ustadz Abdul Somad yang dapat kalian ketahui.

Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah?

Dalam salah satu ceramahnya Ustadz Abdul Somad menjelaskan apakah makmum harus membaca surat Al Fatihah dalam sholat berjamaah? Nah, beliau menjawab hal tersebut dengan menjelaskan tiga hukum tentang membaca surat Al Fatihah dalam sholat berjamaah tersebut.

BACA JUGA:Cara Mengamalkan Wirid Al Fatihah 100 kali Agar Rezeki Lancar dan Hajat Cepat Terkabul, Ternyata Bisa Dicicil

BACA JUGA:Bikin Rezeki Lancar, Begini Cara Mengamalkan Surat Al Fatihah agar dikabulkan Hajatnya Kata Syekh Ali Jaber

Ustadz Abdul Somad menerangkan bahwa, menurut Mazhab Hanafi makmum tidak perlu membaca surat Al Fatihah. Hal tersebut dikarenakan, menurut Mazhab Hanafi bacaan imam juga sudah menjadi bacaan makmum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: