Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad

Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad

Apakah Makmum Harus Membaca Surat Al Fatihah dalam Sholat Berjamaah? Inilah Jawaban Ustadz Abdul Somad-SalingSapa TV-Youtube

Sedangkan menurut Mazhab Syafi'i, makmum harus membaca surat Al Fatihah. Mazhab Syafi'i tersebut menjelaskan bahwa, Rasulullah SAW mengatakan sholat menjadi tidak sah jika tidak membaca surat Al Fatihah.

Nah, sementara menurut Mazhab Maliki, ketika imamnya sedang membaca surat Al Fatihah dan makmumnya mendengarkan, maka makmum tersebut sudah tidak perlu lagi membaca surat Al Fatihah karena telinganya sudah mendengar.

Lantas, dari ketiga Mazhab di atas Ustadz Abdul Somad menggunakan Mazhab yang mana sih? Dari pernyataannya beliau condong ke Mazhab Syafi'i, oleh karena itu jika beliau menjadi makmum, beliau akan tetap membaca surat Al Fatihah.

BACA JUGA:Begini Cara Mengirim Al Fatihah untuk Orang yang Sudah Meninggal, Perhatikan Tata Caranya Agar Tidak Salah!

BACA JUGA:Rezeki Seret? Perbanyak Baca Surat Al Fatihah Pada Waktu Ini Agar Rezeki Lancar, Buktikan Sekarang Juga!

Walaupun demikian, Ustadz Abdul Somad tidak menyalahkan umat muslim lain yang menggunakan Mazhab Hanafi atau Mazhab Maliki. Semua itu tergantung dengan keyakinan dan kenyamanan umat muslim itu sendiri.

Namun, karena sebagian besar umat muslim di Indonesia menggunakan Mazhab Syafi'i, jadi walaupun imam sudah membaca surat Al Fatihah makmum tetap wajib membacanya lagi.

Demikianlah penjelasan dan jawaban dari Ustadz Abdul Somad terkait pertanyaan apakah makmum harus membaca surat Al Fatihah dalam sholat berjamaah. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: