9 Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan Ibu Hamil, Wajib Masuk Daftar Belanja Nih Bun!

9 Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat untuk Kesehatan Ibu Hamil, Wajib Masuk Daftar Belanja Nih Bun!

buah-buahan yang mengandung asam folat untuk kesehatan ibu hamil-ilustrasi buah-buahan yang mengandung asam folat untuk kesehatan ibu hamil-freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ada banyak jenis buah-buahan yang mengandung asam folat untuk kesehatan ibu hamil yang wajib bunda konsumsi.

Asam folat sendiri merupakan vitamin B9 yang larut air dan memiliki segudang manfaat untuk tubuh, terutama kesehatan ibu hamil dan janin.

Beberapa manfaat asam folat ini sendiri yakni untuk perkembangan IQ, pembentukan DNA, dan sel darah merah. Asam folat ini juga bisa mencegah lahir prematur hingga keguguran.

Selain itu, asam folat atau vitamin B9 ini juga bermafaat untuk mencegah cacat lahir pada bayi, mencegah pendarahan pasca melahirkan, menurunkan risiko preeklamsia.

Kekurangan asam folat ini dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Anemia megaloblastik ini merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang ditandai beberapa hal.

BACA JUGA:Jaga Tubuhmu agar Tidak Mudah Sakit, Ini Dia Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Udah Tau Belum?

BACA JUGA:8 Ide Kombinasi Jus Buah yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Tubuh, Sayang untuk Dilewatkan!

Tanda-tanda tersebut mulai dari lemas, letih, sulit berkonsentrasi, nyeri kepala, denyut jantung tidak normal, hingga sesak napas.

Adapun jenis buah-buahan yang mengandung asam folat untuk kesehatan ibu hamil yakni sebagai berikut

1. Buah Sitrus

Buah-buahan yang mengandung asam folat untuk kesehatan ibu hamil yang pertama adalah buah sitrus. Buah-buahan sitrus ini mengandung 55 mcg asam folat atau sekitar 14% dari jumlah kebutuhan asam folat harian.

Selain mengandung asam folat, buah sitrus ini mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan, buah-buahan sitrus ini mengandung vitamin C yang tinggi.

Antioksidan ini diklaim dapat menjaga daya tahan tubuh dan menegah timbulnya penyakit, baik penyakit biasa hingga penyakit yang serius.

BACA JUGA:Pola Hidup Sehat Jauh dari Penyakit, Yuk Biasakan Minum 8 Jus Buah Mix yang Menyehatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: